Survei Charta Politika: Ganjar Pranowo Unggul di Sumut dan Kaltim, Prabowo di Jabar

| 21 Oct 2022 21:12
Survei Charta Politika: Ganjar Pranowo Unggul di Sumut dan Kaltim, Prabowo di Jabar
Ganjar Pranowo (Antara)

ERA.id - Charta Politika Indonesia merilis hasil survei elektabilitas calon presiden di Sumatera Utara, Kalimatan Timur, dan Jawa Barat. Hasilnya, Ganjar Pranowo unggul di Sumut dan Kaltim.

Di Sumut, Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya menuturkan elektabilitas Ganjar mencapai 26,8 persen. Kemudian diikuti oleh Anies Baswedan 24,3 persen dan Prabowo 22,9 persen.

Dalam survei itu, responden yang tidak menjawab sebanyak 11,9 persen.

Sementara di Kaltim, Yunarto menyampaikan elektabilitas Ganjar sebasar 26,6 persen. Kemudian diikuti oleh Anies sebesar 25,3 persen. Selanjutnya Prabowo dengan 23,8 persen.

"Pada simulasi 10 nama , Ganjar Pranowo mendapatkan elektabilitas tertinggi , unggul tipis di atas Anies Baswedan dan Prabowo Subianto," ujar Yunarto.

Sementara di Jabar, Yunarto berkata Prabowo menduduki posisi pertama dengan elektabilitas sebesar 31,3 persen. Kemudian diikuti oleh Anies sebesar 19,1 persen, Ridwan Kamil sebesar 18,3 persen.

Adapun Ganjar berada di posisi keempat dengan elektabilitas sebesar 16,8 persen.

Responden yang tidak menjawab sebanyak 5,8 persen.

Charta Politiki Indonesia menggelar survei dengan metode wawancara tatap muka dan multistage random sampling. Responden berusia minimal 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilih.

Rekomendasi