Alvin Lie Ingatkan Kapolri kalau Pelat 'RF' Tak Bermanfaat, Cuma Dipakai Menang-menangan di Jalan

| 01 Nov 2022 14:36
Alvin Lie Ingatkan Kapolri kalau Pelat 'RF' Tak Bermanfaat, Cuma Dipakai Menang-menangan di Jalan
Ilustrasi pelat mobil (Antara)

ERA.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan dirinya akan memperbaiki soal kombinasi pelat kendaraan bermotor nomor "RF".

Sebab, Listyo mengakui kerap mendapatkan masukan dan aspirasi dari masyarakat soal pengkajian ulang penggunaan plat RF.

"Misalkan ya plat RF ini. Kami akan lakukan perbaikan serta kaji ulang lagi penggunaannya," kata Listyo, Selasa (01/11/2022).

Mantan Kabareskrim Polri ini menambahkan pelat nomor RF tersebut diperuntukkan bagi kepentingan kedinasan kepolisian, serta kementerian/lembaga.

Namun terkadang, plat nomor itu kerap disalahgunakan hingga akhirnya melahirkan persepsi buruk di masyarakat.

"Khususnya yang seperti di kota besar begitu ya, memang itukan khusus diberikan kepada fungsi tertentu yang memang ada kaitannya dengan kepolisian, dinas atau VVIP begitu," ujarnya.

"Tapi faktanya mungkin masyarakat melihat 'oh ternyata bukan Polisi' begitu ya, nah ini yang kami perbaiki," tambah Listyo. 

Dia mengatakan perbaikan ini akan dilakukan untuk memperbaiki citra Polri agar semakin lebih baik lagi.

Sementara mantan Komisioner Ombudsman RI, Alvin Lie, menilai kalau sebaiknya kendaraan milik negara, mesti memakai pelat merah saja.

"Sebaiknya Kapolri @ListyoSigitP hapus saja plat nomor RFS. Sudah tidak ada unsur rahasia lagi. Tidak ada manfaatnya selain untuk menang-menangan di jalan. Kembalikan semua ke pelat merah," tulis Alin Lie lewat akun Twitter-nya, Senin (31/10/2022).

Rekomendasi