Jokowi dan Pemimpin Negara ASEAN Bertemu di Kamboja Hari Ini Bahas Myanmar, Bakal Ambil Sikap?

| 10 Nov 2022 09:43
Jokowi dan Pemimpin Negara ASEAN Bertemu di Kamboja Hari Ini Bahas Myanmar, Bakal Ambil Sikap?
Presiden Jokowi (Dok Sekretariat Presiden)

ERA.id - Presiden Joko Widodo hari ini akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang digelar di Kamboja. Dikutip dari keterangan resmi Sekretariat presiden, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, dalam keterangannya di Phnom Penh pada Rabu malam (9/11/2022), mengatakan bahwa rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-40 dan ke-41 serta KTT terkait lainnya akan dilakukan pada 10-13 November 2022.

"Total pertemuan dan kegiatan yang akan dihadiri oleh Presiden lebih dari 20, ditambah empat pertemuan bilateral, yaitu dengan Perdana Menteri Singapura, Presiden Dewan Eropa, Sekjen PBB, dan Presiden Asian Development Bank," ujar Menlu.

Menurut Menlu, KTT ASEAN ke-40 dan ke-41 akan dilakukan dalam bentuk plenary dan retreat. Pada sesi pleno, KTT akan membahas mengenai penguatan kapasitas institusi dan efektivitas ASEAN.

"Sementara untuk retreat, terdapat dua isu besar yang akan dibahas, yaitu hubungan ASEAN dengan pihak luar—tentunya termasuk tantangan eksternal yang dihadapi oleh ASEAN—dan masalah Myanmar," tandasnya.

Dia berharap para pemimpin ASEAN dapat mengambil sikap dan langkah dalam merespons situasi di Myanmar terutama tidak adanya komitmen dari militer Myanmar dalam menindaklanjuti Konsensus Lima Poin, katanya.

Retno mengatakan ASEAN sudah mengambil upaya ekstra. Hasil upaya ini hanya akan terlihat hasilnya jika ada komitmen militer Myanmar untuk menindaklanjuti Konsensus Lima Poin.

Konsensus Lima Poin menyerukan penghentian kekerasan, dialog dengan semua pemangku kepentingan, menunjuk utusan khusus untuk memfasilitasi mediasi dan dialog, mengizinkan ASEAN untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga Myanmar, serta mengizinkan utusan khusus ASEAN untuk mengunjungi dan bertemu dengan pemangku kepentingan di Myanmar.

“Bola sepenuhnya ada di tangan militer Myanmar,” kata dia.

"Terlepas dari kekecewaan ASEAN terhadap tidak adanya kemajuan tindak lanjut Konsensus Lima Poin oleh militer Myanmar saya yakin ASEAN akan tetap memberikan prioritas untuk membantu rakyat Myanmar termasuk melalui bantuan kemanusiaan," katanya.

Situasi Myanmar tidak boleh menghambat perkembangan ASEAN.

Rekomendasi