Kumpul Relawan di GBK Bikin Isu Jokowi 3 Periode Menguat Lagi, PKS: Serahkan ke Parpol Urusan Capres 2024

| 30 Nov 2022 09:31
Kumpul Relawan di GBK Bikin Isu Jokowi 3 Periode Menguat Lagi, PKS: Serahkan ke Parpol Urusan Capres 2024
Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera (Antara)

ERA.id - Ratusan orang yang tergabung dalam kelompok relawan pendukung Joko Widodo berkumpul dalam suatu acara bertajuk Nusantara Bersatu di Gelora Bung Karno, Jakarta pada Sabtu (26/11). Belakangan, acara yang juga dihadiri langsung oleh Presiden RI itu menimbulkan polemik.

Salah satunya soal isu perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode, yang sempat disuarakan sejumlah relawan.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengaku khawatir isu tiga periode tidak pernah benar-benar hilang.

"Isu tiga periode tidak tertutup, karena gerakan relawan bukannya berhenti malah jalan terus, berbahaya," kata Mardani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Menurut Mardani, selain digaungkan relawan, isu tiga periode juga terus bergulir melalui konvensi kenegaraan untuk membahas Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

Oleh karenanya, dia menyarankan supaya Jokowi segera mengambil sikap tegas yaitu menolak segala macam wancana dan isu soal perpanjangan masa jabatan presiden.

Gerakan relawan pun harus ditertibkan dengan kembali menegaskan aturan perundang-undangan yang berlaku bahwa pemilihan umum (pemilu), termasuk soal calon presiden (capres) merupakan kewenangan partai politik.

"Tolak tiga periode dan dorong Pak Jokowi, sudah serahkan ke partai politik urusan capres 2024," tegas Mardani.

Anggota Komisi II DPR RI itu menambahkan, sebaiknya wacana perpanjangan masa jabatan presiden disudahi. Jangan dibiarkan terus menerus bergulir, khususnya menjelang Pemilu 2024.

Pemilu 2024, menurutnya harus tetap dilaksanakan. Sehingga meredam kesan terjadi penyalahgunaan kekuasaan.

"Tapi kalau diterapkan 2024, agar saya, agar kita, nah itu buat saya abuse of power. Secara etika salah dan sesat," kata Mardani.

"Kalau PKS tegas pokoknya tolak tiga periode, tolak perpanjangan, karena haknya rakyat pemilu tiap lima tahun sekali," imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menghadiri acara relawan bertajuk Nusantara Bersatu, pada Sabtu (26/11).

Kedatangan Jokowi disambut teriakan 'Jokowi tiga periode'. Terlihat, Jokowi menyambut teriakan relawan tersebut dengan tersenyum.

Sementara itu, sejumlah relawan yang hadir tampak menggunakan kaos dengan tulisan '2024 ikut Jokowi'.

Rekomendasi