Ketika DPR RI Beri Penghargaan ke Diri Sendiri, Ketua MKD: Mengapresiasi Wakil Rakyat Adalah Cara untuk Mengapresiasi Rakyat

| 12 Dec 2022 12:49
Ketika DPR RI Beri Penghargaan ke Diri Sendiri, Ketua MKD: Mengapresiasi Wakil Rakyat Adalah Cara untuk Mengapresiasi Rakyat
Gedung DPR (Antara)

ERA.id - Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI menggelar ajang penganugerahan  bertajuk 'MKD Award 2022'. Penghargaan itu diberikan kepada anggota dewan yang memiliki kinerja baik sebagai wakil rakyat.

Ketua MKD DPR RI Adang Daradjatun mengatakan, penghargaan ini bukan hanya merupakan bentuk apresiasi terhadap diri sendiri atas kinerjanya sebagai wakil rakyat, tetapi juga terhadap rakyat.

"Ajang ini merupakan ikhtiar etis dan diawali dengan cara yang baik, mengapresiasi wakil rakyat adalah cara untuk mengapresiasi rakyat itu sendiri," kata Adang di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (12/12/2022).

Mantan wakapolri itu menambahkan, anggota DPR RI yang mendapatkan penghargaan adalah figur yang terbukti mampu menjalankan tugasnya dalam menyampaikan suara rakyat di parlemen.

"Mereka yang terpilih sejatinya adalah mereka yang memang sejak awal terpilih oleh rakyat sebagai figur yang mampu menyalurkan suara mereka dalam ruang yang etis, bukan sekadar ruang kalkulatif," ucap Adang.

Sementara Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar menilai, ajang MKD Award ini merupakan bukti bahwa MKD tidak bekerja sendiri, tetapi juga mengajak seluruh anggota DPR RI ikut dalam menegakkan etika kelembagaan.

Dia bilang, para anggota DPR RI yang mendapatkan penghargaan ke depannya akan menjadi agen penegak etik. Sehingga, parlemen menjadi menjadi lembaga kebanggaan semua pihak.

"Kepada mereka yang terpilih hari ini akan menjadi agen-agen penegak etika DPR, keteladanan yang harus dijaga dan terus menjadi kebanggaan kita semuanya," kata Muhaimin.

Sebagai agen penegak etika DPR RI, Muhaimin menegaskan ada tanggung jawab besar yang harus diemban kedepannya.

"Di pundak para agen-agen penegak etika DPR inilah tersemat tanggungjawab moril bersama untuk terus ikhtiar perjuangan menegakkan etika kelembagaan DPR RI. Kita berharap momentum MKD Award ini akan terus berlanjut dan terus membangun inovasi, membangun kebanggaan dan kebersamaan kita," kata Muhaimin.

Berikut daftar anggota DPR RI yang mendapatkan MKD Award 2022:

1. Fraksi PDI Perjuangan: Masinton Pasaribu, Arya Bima, Ono Surono

2. Fraksi Partai Golkar: Adies Kadir, Kahar Muzakir, Ahmad Doli Kurnia

3. Fraksi Partai Gerindra: Andre Rosiade, Novita Wijayanti, Andi Iwan Darmawan Aras

4. Fraksi Partai NasDem: Ahmad Sahroni, Felly Estelita Runtuwene, Taufik Basari

5. Fraksi PKB: Daniel Johan, Jazilul Fawaid, Luluk Nur Hamidah

6. Fraksi Partai Demokrat: Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), Anwar Hafidz, Irwan

7. Fraksi PKS: Mahfudz Abdurrahman, Toriq Hidayat, Hidayatullah

8. Fraksi PAN: Desy Ratnasari, Guspardi Gaus, Zainuddin Maliki

9. Fraksi PPP: Arsul Sani, Achmad Baidowi, Amir Uskara

Rekomendasi