Indonesia Peringkat 3 Dunia Bidang Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno: Modal Negara Serap 4,4 Juta Lapangan Kerja

| 22 Dec 2022 22:44
Indonesia Peringkat 3 Dunia Bidang Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno: Modal Negara Serap 4,4 Juta Lapangan Kerja
Sandiaga Uno (Antara)

ERA.id - Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meraih peringkat tiga dunia dalam bidang ekonomi kreatif.

Melihat prestasi tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan hal ini merupakan modal terbesar bagi negara dan mampu menyerap lapangan kerja hingga 4,4 juta di tahun 2024.

“Target lapangan kerja untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menjadi tulang punggung bagi perekonomian indonesia saat ini,” ujar  Sandiaga Uno, Kamis (22/12/2022).

Dirinya berharap, pelaku UMKM kabupaten Toba, Sumatera Utara agar mengembangkan produk-produk ekonomi kreatif.

“Karena destinasi wisata di kabupaten Toba sudah dapat sehingga pemerintah sudah membangun beberapa kelengkapan fasilitas infrastrutur khususnya menjelang event F1 H20 di tahun 2024 dengan persiapan yang lebih matang,” jelas Sandiaga Uno.

Tidak hanya itu, para pelaku UMKM akan menyediakan produk unggulan di kabupaten Toba seperti souvenir ukiran ulos, makanan dan kopi bagi para wisatawan yang akan datang untuk menyaksikan F1 H20 di tahun 2024.

Sehingga pendapatan domestik bruto (PDB) Indonesia ternyata diperoleh sebesar 7,5% dari ekonomi kreatif.

Terakhir, Menparekraf Sandiaga Uno mengucapkan harapannya agar pengembangan UMKM di seluruh Indonesia khususnya pemerintah daerah supaya perekonomian semakin meningkat.

Rekomendasi