Klaim Bukan Terkait Pencapresan, NasDem Ungkap Alasan Siswono Yudo Mengundurkan Diri

| 28 Dec 2022 09:56
Klaim Bukan Terkait Pencapresan, NasDem Ungkap Alasan Siswono Yudo Mengundurkan Diri
Johnny G Plate (Antara)

ERA.id - Kader senior yang juga Ketua Dewan Pertimbangan (Watim) Partai NasDem Siswono Yudo Husodo dikabarkan mengundurkan diri dari partai besutan Surya Paloh.

Hal itu dibenarkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Johnny G. Plate. Namun, dia membantah pengunduran diri itu terkait dengan keputusan partainya mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Sama sekali tidak terkait dengan pemilu dan dukugan pada bacapres atau capres pada Pilpres 2024," ujar Johnny kepada wartawan, Rabu (28/12/2022).

Menurutnya, Siswono sudah mengajukan pengunduran diri secara lisan setelah Pemilu 2019. Sementara surat pengunduran diri disampaikan kepada Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh jauh sebelum proses tahapan Pemilu 2024.

Lebih lanjut, Johnny menegaskan bahwa Siswono hanya mengundurkan diri dari jabatan watim Partai NasDem saja. Alasannya karena usia kesibukan pribadi.

"Beliau (Siswono) mengajukan surat secara tertulis kepada Ketua Umum terkait pengunduran diri dari jabatannya sebagai Ketua Watim NasDem mengingat usia dan kesibukan pribadi," ucapnya.

"Dan pengunduran diri hanya terkait dalam jabatannya sebagai Ketua Watim dan tetap memegang keanggotaan NasDem," tegas Johnny.

Rekomendasi