Menhub Prediksi Arus Kunjungan Wisatawan ke Puncak Bogor Naik hingga 25 Persen

| 30 Dec 2022 15:31
Menhub Prediksi Arus Kunjungan Wisatawan ke Puncak Bogor Naik hingga 25 Persen
Menhub Budi Karya Sumadi disamping (Diman Sutini/ERA.id)

ERA.id - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, meninjau langsung kondisi arus lalu lintas di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, menjelang Tahun Baru 2023, Jumat (30/12/22).

Didampingi Menko PMK, Muhadjir Effendy dan Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin, Budi memprediksi angka kunjungan arus kendaraan wisatawan menuju kawasan Puncak meningkat hingga 25 persen dibanding tahun lalu.

"Jumlah kendaraan di Kawasan Puncak meningkat jumlahnya jika dibandingkan tahun lalu, jumlah itu diprediksi akan bertambah Sabtu besok," kata Budi.

Berdasarkan data Polres Bogor per Kamis kemarin, sebanyak 73.014 kendaraan ada di Kawasan Puncak, baik yang menuju Kawasan Puncak maupun menuju Tol Jagorawi atau arah Jakarta.

Meski diprediksi meningkat, Budi menyebut kenaikan jumlah kendaraan di Kawasan Puncak masih terbilang normal dan bisa dikendalikan oleh Polres Bogor, Dinas Perhubungan dan petugas lainnya.

"Saya apresiasi, karena Tahun 2022 personel gabungan lebih siap dibandingkan di Tahun 2021 lalu dalam upaya melayani masyarakat maupun wisatawan," tutur Budi Karya.

Sementara, Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin mengungkapkan jika pihaknya menyiapkan 1.160 personel untuk mengamankan liburan Natal dan Tahun (Nataru) di Kabupaten Bogor. Jumlah itu bertambah dengan petugas gabungan dan lainnya.

”Dari Polres itu 1.160 (personel) ya nanti ada tambahan dari Kodim, dari Pol PP Dishub, potensi-potensi masyarakat RAPI, Orari, Pokdarkamtibmas, dan JKU,” ungkap Iman.

Kata dia, pihaknya telah menyiapkan berbagai upaya untuk kelancaran dan keamanan selama libur Nataru. Khususnya terkait rekayasa lalu lintas di sepanjang kawasan wisata Puncak.

”Baik itu melalui pembatasan, ganjil genap, khusus yang ke arah Puncak ataupun untuk menguras ketika ada kepadatan yang cukup panjang dengan melalui mekanisme satu arah atau oneway baik itu mau ke arah Jakarta maupun ke arah Cianjur,” jelasnya.

Rekomendasi