Bela Ganjar soal Beri Bantuan Pakai Dana Baznas, PDIP: Pengurus Partai juga Bagian dari Masyarakat

| 31 Dec 2022 19:03
Bela Ganjar soal Beri Bantuan Pakai Dana Baznas, PDIP: Pengurus Partai juga Bagian dari Masyarakat
Ganjar Pranowo (Antara)

ERA.id - DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah membela Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang memberikan bantuan perbaikan rumah kepada kader PDIP dengan menggunakan dana Badan Amal Zakat Nasional (Baznas).

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah menilai, Ganjar hanya menjalankan kewajibannya sebagai kepala daerah, salah satunya yaitu membantu masyarakat di daerahnya.

"Dalam kapasitas sebagai gubernur Jawa Tengah, Pak Ganjar punya kewajiban untuk membantu masyarakat yang dipimpinnya," kata Basarah di Jakarta, Sabtu (31/12/2022).

Terkait bantuan itu diberikan secara khusus untuk kader PDIP, menurut Basarah tidak menjadi masalah. Sebab, pengurus partai politik pun merupakan bagian dari masyarakat.

"Bahwa dari masyarakat yang dipimpinnya itu ada unsur-unsur pengurus PDI Perjuangan di Jawa Tengah, itu juga bagian dari anggota masyarakat yang dipimpin oleh Pak Ganjar selaku guburnur Jawa Tengah," kata Basarah.

Sedangkan terkait dengan mekanisme dan prosedur pemberian bantuan, menurut Basarah seharusnya sudah diketahui mana yang boleh dan yang tidak boleh diberikan. Namun, sebagai kepala daerah, Ganjar memang memiliki tanggung jawab melayani masyarakat.

"Mengenai bagaimana prosedur mekanisme pemberian bantuan seharusnya Pak Ganjar tahu mana yang boleh dan tidak. Saya kira pada titik tanggung jawab beliau sebagai kepala daerah dan melayani semua masyarakat di Jawa Tengah tanpa terkecuali," ucapnya.

Sebelumnya, pemberian bantuan oleh Ganjar sempat menjadi sorotan. Sebab, bantuan diberikan kepada kader PDIP dengan menggunakan dana Baznas.

Hal itu diketahui dari foto yang sempat diunggah Ganjar di akun media sosialnya. Dalam foto tersebut Ganjar menyerahkan simbolis plakat bantuan sebesar Rp20 juta kepada beberapa orang kader PDIP. Dalam plakat bantuan tersebut tercantum logo dan tulisan Baznas.

Pemberian bantuan itu diberikan dalam rangka HUT ke-50 PDIP. Namun unggahan tersebut kini sudah dihapus.

Rekomendasi