Imbas Cuaca Ekstrem, Empat Penerbangan Menuju Bandara Soetta Dialihkan

| 01 Jan 2023 22:24
Imbas Cuaca Ekstrem, Empat Penerbangan Menuju Bandara Soetta Dialihkan
Ilustrasi

ERA.id - PT Angkasa Pura II mencatat terdapat empat penerbangan menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang, yang dialihkan. Pengalihan itu dilakukan ke Palembang lantaran imbas kondisi cuaca ekstrem.

"4 penerbangan yang menuju Bandara Soekarno Hatta harus dialihkan tadi pukul 08.30 WIB. Dua dari Denpasar, satu dari Pekanbaru, dan satu lagi dari Makassar," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhamad Awaluddin, Minggu (1/1/2023).

"Kesemuanya dialihkan ke Palembang. Saat cuaca sudah mendukung, maka akan diterbangkan kembali ke Bandara Soekarno-Hatta," lanjutnya.

Awaluddin mengatakan, selama periode Natal dan Tahun Baru terdapat 14 penerbangan yang terganggu akibat cuaca ekstrem itu. Mayoritasnya mengalami kembali ke pangkalan atau return to base (RTB) hingga dialihkan.

"Dari 14 penerbangan akibat irregularity bad weather itu terjadi di 20 bandara yang dikelola AP II," ucap dia.

Meski penerbangan mengalami gangguan karena cuaca buruk, On Time Performance atau OTP di 20 bandara udara yang dikelolanya sudah diangka 66 persen.

"OTP kita di atas 50 persen untuk keseluruhan bandara, sementara untuk di Bandara Soekarno-Hatta saja sebesar 78 persen," jelasnya.

Rekomendasi