Ada Fenomena Bulan Purnama 6 Januari, Masyarakat Pesisir Pantai Diminta Waspadai Banjir Rob

| 02 Jan 2023 18:26
Ada Fenomena Bulan Purnama 6 Januari, Masyarakat Pesisir Pantai Diminta Waspadai Banjir Rob
Ilustrasi bulan purnama (Antara)

ERA.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, bahwa ada fenomena Bulan Purnama (Full Moon) pada tanggal 06 Januari 2023. 

"Hal ini berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo di Jakarta, Senin (2/1/2022). 

Berdasarkan pantauan datawaterlevel dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia, diantaranya : Pesisir Sumatera Barat, Pesisir Bengkulu, Pesisir Kep. Riau, Pesisir Banten, Pesisir utara DKI Jakarta, Pesisir Jawa Barat, Pesisir Jawa Tengah, Pesisir Jawa Timur. 

Kemudian, Pesisir Nusa Tenggara Barat, Pesisir Nusa Tenggara Timur, Pesisir Kalimantan Barat, Pesisir KalimantanTengah, Pesisir Sulawesi Utara, Pesisir Sulawesi Selatan, Pesisir Maluku Utara, Pesisir Maluku dan Pesisir Papua Selatan. 

"Potensi banjir pesisir (rob) ini berbeda waktu (hari dan jam) di tiap wilayah(terlampir),yang secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat," katanya. 

Untuk itu, ia mengimbau kepada kepada masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir pantai  Indonesia agar mewaspadai adanya banjir rob tersebut. 

"Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut," katanya. 

Rekomendasi