Momen Jokowi Lihat Kawanan Gajah Sumatra dari Atas Tol Pekanbaru-Dumai

| 05 Jan 2023 17:15
Momen Jokowi Lihat Kawanan Gajah Sumatra dari Atas Tol Pekanbaru-Dumai
Momen Jokowi Lihat Kawanan Gajah Sumatra dari Atas Tol Pekanbaru-Dumai

ERA.id - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo melihat kawanan gajah sumatra dari atas tol Pekanbaru - Dumai pada pagi ini, Kamis (5/1/2022). 

Dikutip Era dari laman Instagram @jokowi. Presiden Jokowi persis berdiri di atas tol itu sambil melihat tujuh ekor gajah. Dia terlihat mengenakan kemeja putih lengan panjang dan celana hitam. 

Jokowi menuturkan, bahwa tol Pekanbaru - Dumai itu memang sengaja dibikin terowong. Hal ini bertujuan agar para satwa yang dilindungi dapat berjalan bebas dan tidak menganggu kendaraan yang melintasi tol tersebut. 

"Gajah-gajah terlihat berjalan di bawah ruas tol Pekanbaru-Dumai pagi ini. tepa di titik KM 12 jalan tol ada terowongan yang memang dibuat untuk perlintasan gajah," kata Jokowi. 

Kata dia, bahwa ada enam perlintasan terowongan seperti di ruas tol Pekanbaru - Dumai tersebut. 

"Terowonagan gajah dibangun sebagai langkah adaptasi karena jalan tol Pekabbaru -Dumai membelah habitat gajah di dua kota dan dua kabupaten. Populasi gajah Sumatra yang dilindungi di kawasan ini sebanyak 76 ekor," katanya. 

Lebih lanjut, dia menuturkan, bahwa pembangunan infrastruktur di Tanah Air harus tetap memperhatikan kelesatarian lingkungan dan menjamin keberlangsungan hidup satwa liar," katanya. 

Rekomendasi