Hindari Polemik, Gerindra Minta Sandiaga Rajin Izin jika Hendak Datang ke Acara Partai Lain

| 16 Jan 2023 19:20
Hindari Polemik, Gerindra Minta Sandiaga Rajin Izin jika Hendak Datang ke Acara Partai Lain
Prabowo Subainto dan Sandiaga Uno (Antara)

ERA.id - DPP Partai Gerindra meminta Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Partai Gerindra Sandiaga Uno rajin berkoordinasi dan meminta izin apabila hendak menghadiri acara partai lain.

Hal ini merespons seringnya Sandiaga menghadiri undangan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hingga muncul isu pindah partai politik.

Ketua DPP Partai Gerindra Prasetyo Hadi mengatakan, pada dasarnya kader partainya tidak dilarang apabila hendak menjalin hubungan dengan partai politik lain. Sebab, dalam dunia politik, hal itu sangat lumrah terjadi.

"Kaitan yang sering menjadi isu atau polemik di beberapa undangan teman pertai lain itu muncullah kesepakatan bahwa menjalin komunikasi dengan partai lain itu lumrah, biasa," kata Prasetyo saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta, Senin (16/1/2023).

Namun, sebaiknya harus ada koordinasi dan izin dari dewan pembina maupun ketua umum DPP Partai Gerindra jika hendak menghadiri acara partai lain. Sehingga kedepannya tidak menimbulkan polemik.

Menurut Prasetyo, ketentuan itu tidak hanya berlaku bagi Sandiaga saja. Melainkan seluruh kader Partai Gerindra.

"Tapi yang paling penting adalah itu semua harus dikoordinasikan, harus dikomunikasikan. Dan semua harus atas persetujuan atau izin dari partai, dalam hal ini ketua dewan atau ketua umum," ucapnya.

Sebelumnya, Sandiaga kerap menghadiri undangan dari PPP hingga muncul kabar berniat pindah menjadi kader partai berlambang Ka'bah.

Ketua Mahkamah PPP Ade Irfan Pulungan mengaku, Sandiaga memang sedang bernafsu mendekati partainya untuk memperoleh tiket calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Sandiaga lah yang kebelet dan bernafsu mendekati PPP," kata Ade dikutip dari keterangannya, Senin (8/1).

Belakangan, isu itu ditepis seiring dengan pertemuan antara Prabowo dan Sandiaga pada pekan lalu di kediaman menteri pertahanan di Jalan Kertanegara Nomor 4, Jakarta.

Momen pertemuan tersebut diunggah di Instagram pribadinya, @sandiuno pada Rabu (11/1).

Dalam unggahannya itu, terlihat Sandiaga menyerahkan buku berjudul '1.500 Inspirasi: Jelajag Perjalanan Sandiaga Uno'. Menurutnya, buku itu mengisahkan perjalannya selama masa kampanye Pilpres 2019.

"Terima kasih Pak @prabowo telah berkenan menerima buku 1500 Inspirasi: Jelajah Perjalanan Sandiaga Uno. Buku ini adalah catatan perjalanan semasa kampanye pilpres tahun 2019," tulis Sandiaga yang dikutip pada Kamis (12/1).

Rekomendasi