Baru Gabung Jadi Kader, Ridwan Kamil Langsung Dapat Posisi Wakil Ketua Umum

| 18 Jan 2023 20:51
Baru Gabung Jadi Kader, Ridwan Kamil Langsung Dapat Posisi Wakil Ketua Umum
Ridwan Kamil (Antara)

ERA.id - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto resmi mengumumkan bergabungnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Emil sebagai kader partai berlambang pohon beringin.

Hal itu ditandai dengan penyerahan kartu tandang anggota (KTA) Partai Golkar dan jas warna kuning yang dikenakan Emil.

"Pertemuan sore hari ini menjadi istimewa karena secara resmi Pak Ridwan Kamil masuk ke Partai Golkar, ditandai dengan sudah diberikan KTA, dan Pak Ridwan Kamil sudah menggunakan jas kuning," kata Airlangga dalam konferensi pers di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (18/1/2023).

Meskipun baru bergabung dengan Partai Golkar, Airlangga tak segan-segan memberikan jabatan kepada Emil. Mantan wali kota Bandung itu diberi posisi Wakil Ketua Umum bidang penggalan pemilih dan juga pemenangan pemilu.

"Pak Emil diberikan tugas, salah satunya adalah wakil ketua umum penggalan pemilih dan juga memenangkan pemilu," katanya.

Posisi dan tugas yang diberikan kepada Emil tersebut, menurut Airlangga sangat penting. Mengingat Pemilu 2024 tinggal satu tahun lagi dan Partai Golkar ingin meraup suara lebih banyak lagi di Jawa Barat.

"Karena pemilu masih tinggal satu tahun, dan sekarang posisi Partai Golkar di Jawa Barat cukup bagus, sehingga tentu dengan adanya tambahan politisi Jawa Barat terkemuka yaitu gubernur Jawa Barat akan melengkapi tim Golkar," paparnya.

Lebih lanjut, menteri koordinator bidang perekonomian itu menambahkan, penjajakan antara Partai Golkar dan Emil berlangsung cukup lama.

Sebelum resmi bergabung dengan Partai Golkar, Emil sudah lebih dulu menjadi anggota organisasi pendiri partai yaitu Kosgoro 1975.

"Masuknya Pak Emil secara bertahap melalui ormas dan juga masuk langsung di Partai Golkar," ucapnya.

Terpisah, Ketua DPD Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily menambahkan, dengan posisi wakil ketua umum yang sekarang diisi oleh Emil, diharapkan pada Pemilu 2024 nanti partainya mampu memperoleh suara lebih banyak lagi.

Partai Golkar, kata Ace, tidak hanya manargetkan peningkatan suara pemilih di Jawa Barat saja, tetapi juga di seluruh Pulau Jawa.

"Kita harapkan ini menjadi amunisi bagi Partai Golkar. Bukan hanya di Jawa Barat saja, tapi diseluruh pulau Jawa," kata Ace.

Selain itu, Partai Golkar juga berharap dengan bergabungnya Emil mampu menarik lebih banyak suara anak muda yang bakal menjadi pemililh pemilu pada pemilu mendatang.

"Secara spesifik nanti Pak Emil akan kita minta untuk melakukan penggalangan terhdap para pemilih, terutama para generasi muda," pungkasnya.

Rekomendasi