Banyak Event Sport Tourism di RI, Sandiaga Uno Targetkan Devisa Rp7,8 Triliun

| 28 Jan 2023 17:19
Banyak Event Sport Tourism di RI, Sandiaga Uno Targetkan Devisa Rp7,8 Triliun
Sandiaga Uno (Antara)

ERA.id - Beragam event Sport Tourism yang bakal digelar sepanjang 2023 diprediksi dapat memberikan devisa hingga US$500 juta atau Rp7,48 miliar.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan, event-event sport tourism yang dimaksud adalah adalah F1 Powerboat yang akan digelar di Danau Toba, Sumatra Utara pada 24-26 Februari 2023, dan FIFA World Cup U-20 yang digelar di Jakarta, Bali, Surabaya, Solo, Bandung, dan Palembang mulai 20 Mei-11 Juni 2023.

Kemudian ada Anoc World Beach Games yang digelar di Bali mulai dari 5-12 Agustus 2023, dan FIBA World Cup yang digelar di Indoor Multifunction Stadium (IMS) Senayan, Jakarta Pusat mulai 25 Agustus-10 September 2023.

Dengan hadirnya wisatawan diharapkan bisa berdampak langsung terhadap ekonomi masyarakat setempat serta mempercepat pemulihan terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Proyeksi devisa yang diterima diperkirakan angkanya US$5,9 miliar secara keseluruhan, dari sport tourism ini kita targetkan mungkin bisa mendapat sampai US$500 juta,” kata Sandiaga usai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (26/1/2023).

Adapun penyelenggaraan keempat event olahraga tersebut sejalan dengan strategi peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang ditargetkan mencapai 7,4 juta orang di 2023.

Lebih lanjut, Sandiaga Uno mengaku Kemenparekraf tengah menghitung dengan cermat target kunjungan wisatawan, termasuk penganggaran.

"Target sedang kita hitung secara cermat, termasuk juga penganggarannya karena kita ingin bahwa persiapan dan anggaran yang dikeluarkan ini berbanding lurus dengan penerimaan devisa dari wisatawan atau devisa pariwisata yang didapatkan oleh negara,” jelasnya.

Rekomendasi