Jokowi: ASEAN Berkontribusi Perdamaian Dunia dan Menjaga Pertumbuhan Ekonomi

| 29 Jan 2023 11:51
Jokowi: ASEAN Berkontribusi Perdamaian Dunia dan Menjaga Pertumbuhan Ekonomi
Presiden Jokowi (Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo resmi memulai Keketuaan ASEAN Indonesia 2023. Pembukaan dilakukan di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (2/1/2023).

Dari video yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju gowes dan berjalan kaki saat menuju Bundaraan HI.

"Pada pagi hari ini secara resmi saya nyatakan Kick of Keketuaan ASEAN Indonsia 2023 dimulai," kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi sempat menyinggung keberhasilan Indonesia memimpin Presidensi G20 tahun lalu. Sementara tahun ini diberi kesempatan menjadi Ketua ASEAN di tengah situasi global yang tidak mudah.

Meski begitu, Jokowi meyakini ASEAN masih penting bagi dunia, berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik.

"ASEAN akan terus berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas di Indo Pasific. Bahwa ASEAN akan terus dapat menjaga pertumbuhan ekonomi dan ASEAN matters: epicentrum of growth," kata Jokowi.

Sebelumnya pada 13 November 2022, Indonesia telah menerima estafet keketuaan ASEAN dari Kamboja. Dengan begitu, Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN pada 2023.

Rekomendasi