Anies Baswedan: Lieus Sungkharisma Sosok Pejuang yang Tidak Kenal Takut

| 30 Jan 2023 09:15
Anies Baswedan: Lieus Sungkharisma Sosok Pejuang yang Tidak Kenal Takut
Anies Baswedan saat melayat Lieus Sungkharisma (Instagram)

ERA.id - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melayat aktivis Lieus Sungkharisma di rumah duka Grand Heaven, Jakarta Utara.

Momen Anies melayat tersebut diunggah dalam akun Instagram resminya pada Minggu (29/1/2023).

Mellaui unggahannya itu, Anies menceritakan bagaimana dirinya pertama kali mengena Lieeus pada 1993 lalu.

"Pertama kali kenal Bang Lieus Sungkharisma tahun 1993, saat itu saya sebagai Ketua Senat Mahasiswa Jogja diundang menghadiri konferensi yang diselenggarakan beliau sebagai Ketum GemaBudhi (Generasi Muda Buddhis Indonesia). Sejak kegiatan tersebut interaksi kami terjalin rutin. Begitu juga saat kami mengemban tugas di Universitas Paramadina, di mana beliau sebagai perwakilan Komtak (Komunitas Tionghoa Antikorupsi) memberikan kontribusi dalam penguatan materi mata kuliah antikorupsi," tulis Anies.

Menurut dia, Lieus merupakan sosok pejuang serta memiliki semangat luar biasa yang tidak takut dengan tantangan apapun.

Dia berharap semua bangsa Indonesia bisa meneruskan perjuangan yang kerap disuarakan oleh Lieus.

"Hingga saat ini kontribusi beliau tak berhenti dan bangsa ini kehilangan salah satu sosok pejuang, aktivis, sosok yang memiliki semangat luar biasa, tak kenal takut apapun tantangannya, dan mengerjakan apa yang beliau yakini itu benar. Semoga perjuangan beliau dapat kita teruskan bersama," tambah Anies.

Seperti diketahui, Aktivis yang kerap mengkritik pemerintah, Lieus Sungkharisma, meninggal dunia karena sakit jantung pada 25 Januari lalu.

Lieus yang memiliki nama asli Lixue Xiung, lahir pada 11 Oktober 1959. Semasa hidup, Lieus pada kontestasi pemilu presiden 2019 menjadi pendukung setia Prabowo yang saat itu melawan petahana Joko Widodo (Jokowi) yang berpasangan dengan Ma'ruf Amin.

Rekomendasi