Panglima Yudo: Ada 4 Daerah Papua Rawan Aksi KKB

| 08 Feb 2023 20:52
Panglima Yudo: Ada 4 Daerah Papua Rawan Aksi KKB
Panglima TNI Yudo Margono (Antara)

ERA.id - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyebut pihaknya sudah mengetahui siapa pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Namun, dia tak mengungkapkan identitas pentolan KKB Papua ini.

"Sudah, pasti sudah (diketahui). Kan ada masyarakat situ kan tahu, ini siapa-siapa pasti tahu (siapa pimpinan KKB Papua)," kata Yudo di The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Yudo tidak ingin jika seluruh wilayah di Papua dianggap tak aman atau memiliki tingkat kerawanan yang tinggi. Mantan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) ini menyebut KKB Papua itu merupakan kelompok-kelompok kecil yang kerjanya selalu mengganggu keamanan masyarakat.

Dari penelusuran pihaknya, Yudo menerangkan ada empat daerah di Papua yang selalu didatangi atau diserang KKB Papua.

"Tidak semuanya, tidak semuanya, ada, kita petakan itu ada empat daerah yang kerawanannya, ada KKB-nya, yang selalu diganggu itu ada empat," ungkap Yudo.

Namun, Yudo tak merinci keempat daerah itu ada di mana saja.

Di tempat yang sama, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menambahkan penebalan pasukan untuk menjaga masyarakat Papua dari serangan KKB Papua akan dilakukan.

Listyo menyebut tindakan tegas akan diberikan bila KKB Papua mengganggu keamanan masyarakat.

"Tapi terhadap kelompok yang terus melakukan gangguan keamanan tentunya TNI-Polri sepakat bahwa kita akan melakukan penegakkan hukum secara tegas. Tentunya norma-norma terkait HAM tetap kita perhatikan," ucap Listyo.

Rekomendasi