Kemlu RI: Indonesia Melalui KBRI Ankara Kirim Tim Evakuasi untuk Bantu Turki

| 08 Feb 2023 21:54
Kemlu RI: Indonesia Melalui KBRI Ankara Kirim Tim Evakuasi untuk Bantu Turki
Salah satu wilayah Turki yang mengalami gempa (Antara)

ERA.id - Kementerian Luar Negeri RI menyatakan pemerintah Indonesia melalui KBRI Ankara, telah mengirimkan 4 tim ke Gaziantep, Kahramanmaraş, Diyarbakır, dan Hatay.

Dikutip dari keterangan resmi Kementerian Luar Negeri RI, tim dari KBRI Ankara pada Rabu (8/2/2023) berhasil mengevakuasi total 123 orang. Dalam rombongan evakuasi tersebut juga terdapat 2 warga negara Malaysia dan 1 warga negara Myanmar.  KBRI Ankara telah pula menyampaikan bantuan kemanusiaan berupa bahan makanan melalui Bulan Sabit Merah Turki.

Hingga hari ini (8/2), tercatat 1 WNI dan anaknya yang berusia 1 tahun meninggal dunia di Kahramanmaras. Tim evakuasi KBRI Ankara yang berada di lokasi telah mengurus pemulasaraan jenazah. Terdapat 10 orang WNI korban luka-luka. 4 orang diantaranya telah ditangani di rumah sakit setempat dan 6 orang lainnya dievakuasi ke Ankara untuk mendapatkan penanganan medis lanjut.

Menurut Kemlu RI, kondisi di lokasi gempa tergolong berat sehingga menyulitkan akses masuk, khususnya di Gaziantep City Center, Nurdagi, Hatay dan Kahramanmaras.

Saat ini, Pemerintah Indonesia sedang mempersiapkan pengiriman tim SAR dan medis ke Turki.

Pemerintah Indonesia melalui KBRI Ankara akan terus memantau perkembangan situasi, utamanya yang terkait dengan kondisi WNI dan persiapan pengiriman bantuan kemanusiaan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Hotline KBRI Ankara +90 532 135 22 98.

Rekomendasi