Wapres Ingatkan Kapolri: Skandal di Institusi Kepolisian Picu Keresahan dan Protes

| 21 Feb 2023 15:15
Wapres Ingatkan Kapolri: Skandal di Institusi Kepolisian Picu Keresahan dan Protes
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (Antara)

ERA.id - Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin mengingatkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk segera membenahi perilaku anggota Korps Bhayangkara yang bermasalah atau melakukan pelanggaran.

Ma'ruf Amin mengatakan hal itu saat memberi sambutan di acara Pemberian Penghargaan Kategori Pelayanan Prima Polres/Polresta/Polrestabes/Polres Metro Hasil PEKPPP 2022 dan Predikat Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Polri Tahun 2022, di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Wapres menyebut Polri merupakan alat negara untuk menjaga keamanan dan ketertiban di dalam negeri. Seluruh tindakan yang dilakukan anggota Korps Bhayangkara saat ini mudah diawasi oleh masyarakat.

Sebab saat ini sudah zaman digital, di mana aktivitas personel Polri dapat terpantau dengan mudah dari media sosial.

"Kita semua menyadari, setiap skandal yang timbul dari tubuh institusi kepolisian di negara manapun, pasti akan memicu keresahan, protes, bahkan agitasi publik," kata Wapres di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Meski begitu, Ma'ruf Amin menyebut Polri seharusnya bisa lebih dekat dengan masyarakat di zaman teknologi ini. Dengan melakukan interaksi positif, Korps Bhayangkara dapat melakukan reformasi agar tujuan pembangunan nasional tercapai.

"Saya berpesan jaga dan mantapkan kinerja serta berikan layanan yang terbaik, kedepankan transparansi objektifitas dan profesionalisme atau disingkap TOP. Jadi polri tidak hanya presisi tapi juga TOP," ujarnya.

Rekomendasi