Soal AHY Jadi Cawapres Anies, Surya Paloh: Jangankan Dia, Saya Juga Cocok

| 22 Feb 2023 16:44
Soal AHY Jadi Cawapres Anies, Surya Paloh: Jangankan Dia, Saya Juga Cocok
AHY dan Surya Paloh (Gabriella/ERA.id)

ERA.id - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut, dirinya dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sama-sama cocok menjadi calon wakil presiden mendampingi bakal Anies Baswedan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu disampaikan usai bertemu dengan AHY di Kantor DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (22/2/2023).

"Kalau tanya pendapat saya, jangankan Mas AHY, saya juga cocok (jadi cawapres mendampingi Anies)," kata Surya Paloh.

Menurut penilaiannya, AHY sebenarnya pantas-pantas saja mendampingi Anies di pilpres mendatang. Dia pun tak mempermasalahkan apakah putra sulung Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menyimpan minat jadi calon RI 2.

"Yang saya pahami dari seorang AHY, cawapres boleh, enggak cawapres juga boleh. Kalau ditanya pantas? Sekali lagi saya katakan, lebih dari pantas," ucapnya.

Meski begitu, Surya Paloh menekankan bahwa Partai NasDem sepakat untuk menyerahkan keputusan terkait cawapres ke tangan Anies sekali calon presiden yang diusung partainya.

"Lihat saja orang yang berdiri di sebelah saya ini, potongannya, semua pikirannya. Ini masalah bagaimanapun keputusan akhir ada di tangan capres. Dari awal saya katakan, mengena malalah cawapres, serahkan kepada capres," ucapnya.

Sebelumnya, Partai Demokrat sudah mengeluarkan pernyataan resmi mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres 2024.

Selain itu, AHY juga legowo tak mau memaksakan diri untuk dipasangkan dengan Anies di Pilpres mendatang. 

Rekomendasi