Tiga Anak Idap HIV AIDS di Natuna, Ditularkan dari Orang Tuanya

| 25 Feb 2023 13:05
Tiga Anak Idap HIV AIDS di Natuna, Ditularkan dari Orang Tuanya
Tangkap layar logo kampanye HIV AIDS Kementerian Kesehatan. ANTARA/Cherman

ERA.id - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengungkapkan ada tiga anak-anak dari 38 orang pengidap HIV AIDS di Natuna.

"Dari 38 kebanyakan laki laki, dan ada anak anak tiga orang, penularan ketiganya didapat dari orang tua perempuan," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Wan Iswandi di Natuna dikutip dari Antara, Sabtu (25/2/2023).

Ia mengatakan turut prihatin dan menyayangkan adanya anak-anak dalam daftar tersebut akibat tertular dari sang ibu.

"Sekitar 70 persen dari kasus HIV AIDS di Natuna terjadi akibat adanya seks bebas, yang hal ini amat disayangkan," ujarnya.

Diantara 38 tersebut, berdasarkan jenis kelamin terdata laki-laki sebanyak 28 orang, perempuan ada 10 orang dan diduga masih ada yang belum terdata oleh dinas kesehatan setempat.

Untuk persentase jumlah penduduk Natuna ada 83 ribu jiwa dengan sebaran penduduk ada di 27 pulau.

Dinas Kesehatan juga menduga penularan akan terus terjadi jika tidak adanya dukungan oleh masyarakat dan timbulnya kesadaran kolektif di tengah masyarakat.

Sementara itu, Aktivis Peduli HIV - AIDS di Natuna, Dede Muhammad Ramli mengajak seluruh masyarakat dan pemerintah setempat untuk dapat bekerja sama dalam upaya meminimalisir terjadinya HIV AIDS di Natuna.

Selain itu, Dede juga menjelaskan bahwa HIV - AIDS dapat dicegah dengan pola hidup yang baik dan sehat serta tidak melakukan kegiatan menyimpang.

Lanjut Dede, hal tersebut harus dapat dipahami oleh seluruh masyarakat di Natuna dan didukung dengan lingkungan yang sehat.

"Jangan khawatir kalau masalah penularan penyakit ini bisa dicegah dari pola hidup kita, Insyaallah kita bisa terhindar dari penyakit yang dapat merusak diri," kata Dede.

Menurut Dede, terjadinya penyebaran juga disebabkan adanya tempat hiburan malam.

Rekomendasi