Hasil Survei IPS: RK Cocok Jadi Cawapres Ganjar Pranowo atau Anies Baswedan

| 28 Feb 2023 19:00
Hasil Survei IPS: RK Cocok Jadi Cawapres Ganjar Pranowo atau Anies Baswedan
Ridwan Kamil (Antara)

ERA.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali muncul dalam hasil survei nasional Indonesia Polling Stations (IPS). Sebagai capres, elektabilitas pejabat yang akrab dipanggil RK itu berada di bawah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Namun, RK dinilai sebagai cawapres yang pantas diduetkan dengan tiga nama tersebut.

Peneliti Senior IPS Alfin Sugianto membeber hasil survei tersebut pada Selasa (28/2/2023). Khusus pertanyaan dengan format terbuka (top of mind) tanpa daftar nama, 1.200 responden dalam survei tersebut menilai RK yang paling layak menjadi wapres pada periode tugas 2024 - 2029 mendatang.

”Sebanyak 13,5 persen responden menyatakan Ridwan Kamil sebagai sosok yang paling tepat untuk menjadi wapres RI mendatang,” ungkap dia di Jakarta.

Ribuan responden itu bahkan menilai RK lebih pantas menjadi wapres ketimbang Ganjar Pranowo, Erick Thohir,  Sandiaga Uno, Anies Baswedan, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Selain pertanyaan dengan format terbuka, IPS turut menanyai responden mereka dengan format tertutup yang disertai daftar nama. RK memuncaki hasil survei tersebut. ”Sebanyak 21,8 persen responden menyatakan Ridwan Kamil sebagai sosok yang paling tepat untuk menjadi wapres,” kata Alfin.

Selain itu, IPS juga menanyai responden mereka dengan simulasi pasangan capres dan cawapres untuk pemilu serentak 2024 mendatang. Tiga nama capres dengan elektabilitas tertinggi disandingkan dengan beberapa nama yang dinilai cocok menjadi cawapres.

Dari tiga simulasi, RK unggul pada dua simulasi capres dan cawapres. Yakni cawapres pendamping Ganjar Pranowo dan cawapres pendamping Anies Baswedan. Dia juga berada di posisi kedua sebagai cawapres Prabowo Subianto.

RK menjadi tokoh yang dinilai paling cocok menjadi cawapres untuk Ganjar Pranowo. Persentase responden yang memilih RK sebagai wapres dalam simulasi tersebut mencapai angka 22,4 persen.

Jauh diatas Sandiaga Uno dengan 16,2 persen dan Erick Thohir dengan 13,5 persen. ”Ridwan Kamil dinilai publik sebagai tokoh yang paling cocok menjadi cawapres Ganjar Pranowo pada pemilu 2024 nanti,” jelas Alfin.

Untuk cawapres Anies Baswedan, hasil survei nasional IPS juga memotret RK sebagai sosok yang paling cocok untuk mendampingi mantan gubernur DKI itu pada pemilu capres - cawapres 2024 mendatang.

Persentasenya mencapai 21, 3 persen. Dibawah RK ada nama Sandiaga Uno dengan 19,2 persen. ”Selain dinilai cocok berpasangan dengan Ganjar Pranowo, ternyata Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno juga dianggap bisa menjadi pendamping Anies Baswedan,” beber dia.

Hasil survei nasional tersebut diperoleh setelah IPS melakukan survei pada 15 - 24 Februari lalu.

Pelaksanaan survei berlangsung di 34 provinsi di Indonesia dengan responden berusia 17 tahun keatas. Dengan teknik pengambilan sampel secara probability dan teknik acak bertingkat atau multistage random sampling, angka margin of error survei tersebut lebih kurang 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Rekomendasi