Datang Lebih Awal, Mantan Pejabat Pajak Rafael Alun Penuhi Panggilan KPK

| 01 Mar 2023 08:59
Datang Lebih Awal, Mantan Pejabat Pajak Rafael Alun Penuhi Panggilan KPK
Rafael Alun Trisambodo, ayah dari Mario Dandy Satrio. (Antara)

ERA.id - Mantan Kepala Bagian Umum Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan Kanwil Jakarta Selatan Rafael Alun Trisambodo memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (1/3/2023). Dia akan memberikan klarifikasi terkait harta kekayaannya sebesar Rp56 miliar.

Rafael datang satu jam lebih cepat dari jadwal pemeriksaan. Dia tiba di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan pada pukul 08:10 WIB.

Ayah Mario Dandy itu tak mengatakan apapun setibanya di KPK. Rafael langsung masuk dan menunggu dipanggil untuk memberikan klarifikasi.

Direktorat LHKPN KPK dipastikan Alexander akan mengejar kepemilikan dua kendaraan mewah itu. Apalagi, Rubicon dan Harley Davidson itu tak masuk dalam laporan yang disampaikan Rafael.

"Kita akan klarifikasi (kepemilikan Rubicon dan motor Harley Davidson). Dia bilang kan katanya 'itu bukan punya saya'," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata kepada wartawan.

Sebagai informasi, kekayaan Rafael mendadak jadi sorotan masyarat setelah kasus penganiayaan yang dilakukan putranya Mario Dandy terhadap Cristalino David Ozora viral di media sosial.

Warganet banyak mengungkapkan bahwa Mario Dandy kerap bergaya hidup mewah dengan mengendari motor Harley Davidson hingga mobil Jeep Rubicon.

Adapun Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Rafael punya kekayaan mencapai Rp56 miliar. Angka tersebut terkuak berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan pada 17 Februari 2022.

Jumlah kekayaan itu melebihi kekayaan Dirjen Pajak Suryo Utomo sekitar Rp14 miliar yang merupakan atasan Rafael. Tak sampai di sana, aset Rafael hanya kalah tipis dari Mentei Keuangan Sri Mulyani sebesar Rp58 miliar dari 67,2 miliar dipotong utang.

Rekomendasi