Soal Kemungkinan Dampingi Anies di Pilpres 2024, Sandiaga: Politik Itu Dinamis

| 04 Mar 2023 15:53
Soal Kemungkinan Dampingi Anies di Pilpres 2024, Sandiaga: Politik Itu Dinamis
Menteri Pariwisata Sandiaga Uno (Dok. Sandi)

ERA.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi usulan PKS yang mendorongnya menjadi pendamping Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

"Yah, tentunya politik itu dinamis. Tapi sekarang ini kan dalam kontestasi demokrasi sudah memasuki tahapan selanjutnya. Partai politik sudah mulai menyiapkan aspirasi-aspirasi itu, tentunya kita apresiasi," ujar Sandi, Jumat (3/3/2023).

Menurut dia, pimpinan parpol telah menentukan bagaimana respons masyarakat tentang siapa saja figur yang layak memimpin Indonesia, namun demikian semua diserahkan kembali kepada partai politik yang menentukan.

Saat ditanya bagaimana komunikasi politik dengan PKS, apakah intens dilakukan? ia mengatakan, semua partai komunikasinya tetap jalan.

"Komunikasi dengan partai iya, karena saya tugas di kementerian, itu menjadi rutin. Jadi, (pertemuan) pimpinan-pimpinan partai politik selalu dilakukan, namun dalam konteks untuk membangun Indonesia yang lebih baik," ucapnya.

Ditanyakan pula, bagaimana dengan sosok Anies yang pernah bersamanya saat menang Pilkada DKI Jakarta pada 2017? Sandiaga menyebut Anies orang baik. "Saya pernah bermitra (pasangan) dengan Pak Anies pada Pilgub 2017 dan menuai hasil positif," ujar Sandi

"Namun sekarang kami berbeda tugas. Saya di kementerian di bawah Presiden Jokowi dan di partai di bawah pak Prabowo. Kami mengusung konsep keberlanjutan dan percepatan pembangunan," papar Sandi.

Selain itu, narasi yang diusung pemerintahan Presiden Joko Widodo, kata Sandi, adalah narasi bagaimana pembangunan yang sudah berlangsung selama delapan tahun lebih bisa dipercepat.

"Kita bukan ubah, tapi justru kita akselerasi, bukan kita ganti arahnya. Tapi, justru kita perkuat dengan capaian-capaian yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Terutama mengenai masalah ekonomi bagaimana bisa lapangan kerja diciptakan, bahan pokok yang bisa terjangkau," paparnya.

"Bagaimana kita bisa memberi solusi peningkatan kesejahteraan masyarakat, itu yang menjadi fokus kami," kata Sandi menambahkan.

Sebelumnya, Dewan Syuro PKS melansir sejumlah nama-nama bakal pendamping Anies Baswedan seperti mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Parawansa serta Sandiaga Uno.

Rekomendasi