Tak Dikasih Bantuan Makanan, KKB Papua Pimpinan Egianus Kagoya Bunuh Anak Kepala Kampung Berusia 6 Tahun

| 06 Mar 2023 12:12
Tak Dikasih Bantuan Makanan, KKB Papua Pimpinan Egianus Kagoya Bunuh Anak Kepala Kampung Berusia 6 Tahun
Pilot Susi Air yang disandera KKB (Dok Istimewa)

ERA.id - Tak hanya melakukan penyanderaan terhadap pilot maskapai Susi Air, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua pimpinan Egianus Kogoya membunuh anak Kepala Kampung Pimbinom, Distrik Kuyugawe, Kabupaten Lanny Jaya, Papua Pegunungan yang berusia 6-8 tahun.

Pembunuhan itu terjadi sepekan yang lalu, saat Satgas Damai Cartenz 2023 melakukan penjejakan terhadap kelompok ini. Motif pembunuhan karena Kepala Kampung Pimbinom, ST menolak memberikan bantuan bahan makanan.

"Kepala kampung berinisial ST tidak bersedia membantu kelompok Egianus Kagoya datang ke kampungnya untuk meminta bahan makanan dan akhirnya anak yang berusia 6-8 tahun dengan inisial MT dibunuh oleh Egianus Kagoya sendiri," kata Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz 2023, Kombes Faizal Ramadani dalam keterangannya, dikutip Senin (6/3/2023).

TNI-Polri sudah mendapatkan saksi mata yang melihat kekejaman Egianus Kagoya tersebut. Para saksi ini ada yang melihat kelompok Egianus Kagoya membawa tiga senapan laras panjang.

Faizal yang juga Direktur Kriminal Umum Polda Papua ini menegaskan akan menangkap Egianus Kagoya dan juga membebaskan pilot Susi Air Philips Max Mehrtens.

"Kami terus bertekad untuk berusaha untuk mendapatkan dan menemukan dan menyelamatkan pilot Philips Mark," ucapnya.

Rekomendasi