Pertemuan Prabowo-Surya Paloh Saling Hargai Capres Masing-masing, PKS: Politik Terhormat

| 06 Mar 2023 12:44
Pertemuan Prabowo-Surya Paloh Saling Hargai Capres Masing-masing, PKS: Politik Terhormat
Prabowo dan Surya Paloh (Antara)

ERA.id - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengapresiasi pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Jawa Barat pada Minggu (5/3).

Ketua DPP PKS Almuzammil Yusuf menilai, pertemuan dua ketua umum partai politik itu adalah pertemuan yang terhormat. Sebab, keduanya saling menghormati keputusan politik dan pilihan calon presiden masing-masing.

"Merupakan pertemuan politik yang terhormat antara dua pimpinan parpol yang saling menghormati dan menghargai pilihan politik dan caprenya masing-masing," kata Muzammil kepada wartawan, dikutip Senin (6/3/2023).

Kontestasi politik, menurutnya, memang seharusnya diisi oleh sikap saling mendukung. Bukan saling mengancam apalagi sampai mengkriminalisasi jika berbeda pilihan.

"Kontestasi politik tidak boleh dalam situasi saling ancam dan sandra. Yakni memaksakan pilihan Capresnya untuk didukung, jika tidak ikut mendukung maka diancam dengan kriminalisasi hukum," kata Muzammil.

Jika kontestasi politik diwarnai saling ancam justru menandakan kemunduran Demokrasi di era reformasi. Sekaligus penghianatan terhadap amanat Konstitusi UUD45 Pasal 6A ayat 2 yang berbunyi Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilihan umum sebelum pelaksanaan pemilu.

Muzammil bilang, saat ini masyarakat sudah jauh lebih dewasa dalam berpolitik. Sikap ini seharusnya juga dituru oleh para elite politik.

"Masyarakat kita sudah sangat dewasa dengan perbedaan pilihan dan kandidat politik, termasuk perbedaan Capres. Jangan sampai kedewasaan masyarakat ini tidak diikuti oleh para elitnya. Ini lucu, Dunia jadi terbalik-balik," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menghormati keputusan Surya Paloh yang telah mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden dari Partai NasDem bersama Partai Demokrat dan PKS.

"Kita akan menghormati apapun keputusan politik Pak Surya dengan NasDem. Sebagai sahabat kita hormati apapun keputusan politik. Mereka pun akan menghormati keputusan politik kami. Koalisi itu bagian dari keputusan politik," ujar Prabowo saat konferensi pers usai menerima kunjungan Surya Paloh di Padepokan Garuda Yaksa Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/3).

"Tadi saya sudah sampaikan, dalam pembicaraan yang intensif dan luas kita sepakat kita akan menghormati keputusan politik masing masing dan bertekad akan melakukan komunikasi yang lebih erat dan lebih intensif. Kalaupun Anies sudah jadi keputusan politik NasDem ya kita hormati," kata Prabowo.

Menteri Pertahanan RI itu menyebutkan bahwa dalam pertemuannya dengan durasi sekitar dua jam itu dirinya sepakat dengan Surya Paloh untuk menjaga suasana yang damai.

Rekomendasi