16.000 Pekerja Masuk Sepaku untuk Percepatan Pembangunan IKN, Otorita Bakal Buat Patroli Rutin Cegah Munculnya Masalah Sosial

| 28 Mar 2023 20:33
16.000 Pekerja Masuk Sepaku untuk Percepatan Pembangunan IKN, Otorita Bakal Buat Patroli Rutin Cegah Munculnya Masalah Sosial
Deputi Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN, Alimuddin (ANTARA/Bagus Purwa)

ERA.id - Badan Otorita Ibu Kota Nusantara atau IKN menyebutkan sekitar 16.000 pekerja bakal masuk Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara untuk percepatan pembangunan ibu kota baru itu.

Deputi Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN Alimuddin, di Penajam, Selasa, mengatakan ribuan pekerja itu akan datang dalam waktu dekat ke Kecamatan Sepaku untuk mendukung percepatan pembangunan IKN Nusantara.

Dengan kedatangan 16.000 pekerja tersebut, lanjut dia, berpotensi menimbulkan kerawanan atau masalah sosial di tengah masyarakat yang harus diantisipasi sedini mungkin.

Pemenuhan kebutuhan ribuan pekerja IKN Nusantara yang mayoritas laki-laki, kata dia, dikhawatirkan dimanfaatkan pihak tertentu dalam bentuk yang negatif, sehingga dapat memicu masalah sosial di Kecamatan Sepaku.

"Bisa saja ada pihak tertentu yang manfaatkan untuk perbuatan negatif berkedok warung kopi atau tempat pijat dan jenis lainnya," kata Alimuddin dikutip dari Antara, Selasa (28/3/2023).

Ia khawatir IKN Nusantara yang dijadikan sebagai kota peradaban dengan standar tinggi akan bersinggungan dengan masalah sosial, apabila dibiarkan dan tidak diantisipasi sejak dini.

Potensi masalah sosial tersebut harus segera dicarikan solusi, kata dia, salah satunya melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara.

Koordinasi dilakukan untuk melakukan patroli secara rutin di kawasan IKN Nusantara sebagai langkah mitigasi munculnya masalah sosial.

Selain itu pihaknya juga tengah mencari formulasi menyangkut tata kelola pemukiman bagi 16.000 pekerja pembangunan IKN serta penanggung jawab yang bertugas mengatur para pekerja tersebut.

"Ada semacam RT (Rukun Tetangga) yang mengatur pekerja, pelayanan kesehatan, dan sentuhan rohani, juga harus ada di dalam pemukiman pekerja," kata Alimuddin.

Ia mengatakan sejumlah pembangunan di IKN Nusantara sudah ada yang dikerjakan mulai September 2022 serta ada pengerjaan yang dimulai pada Januari 2023. Pembangunan IKN Nusantara bakal dilanjutkan pada 2024 dan akan semakin padat.

Rekomendasi