Ramai Penolakan Timnas Israel di Indonesia, Jokowi Utus Ketum PSSI Temui FIFA Cari Solusi Piala Dunia U-20

| 28 Mar 2023 21:00
Ramai Penolakan Timnas Israel di Indonesia, Jokowi Utus Ketum PSSI Temui FIFA Cari Solusi Piala Dunia U-20
Presiden Jokowi dan Ercik Tohir. (Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo mengutus Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir untuk menemui tim Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) demi mencari solusi atas posisi Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Hal ini dilakukan lantara FIFA telah mengetahui adanya penolakan-penolakan di Indonesia terhadap Tim Nasional (Timnas) Israel berlaga di Piala Dunia U-20.

"Saat ini, FIFA juga telah mengetahui adanya penolakan-penolakan terhadap keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia U-20 . Tapi kita baik pemerintah maupun PSSI masih terus berusaha agar ada solusi terbaik," kata Jokowi dalam keterangannya di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (28/3/2023).

"Untuk itu saya telah mengutus ketum PSSI bapak Erick Thohir untuk bertemu dengan tim FIFA untuk mencari penyelesaian terbaik, mencari solusi yang terbaik," imbuhnya.

Jokowi menegaskan bahwa keikutsertaan Timnas Israel tidak akan menghilangkan konsistensi dan posisi politik luar negeri Indonesia yang selama ini sangat mendukung kemerdekaan Palestina.

Dia mengatakan, Indonesia tetap berprinsip dan konsisten dalam memperjuangkan dan mendukung kemerdekaan bangsa Palestina. Serta mendukung penyelesaian two state solution negara Israel dan negara Palestina.

"Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi, posisi politik luar ngeri kita terhgadap Palestina. karena dukugan kita kepada Palestina selalu kokoh dan kuat," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Rekomendasi