Terima Surat dari FIFA, Jokowi Langsung Beri Dua Instruksi ke Ketum PSSI

| 31 Mar 2023 14:48
Terima Surat dari FIFA, Jokowi Langsung Beri Dua Instruksi ke Ketum PSSI
Tangkap layar Presiden Joko Widodo (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)

ERA.id - Presiden Joko Widodo memberi dua instruksi kepada Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir perihal masa depan sepak bola Indonesia.

Hal itu disampaikan setelah Erick melaporkan dan menyerahkan surat dari Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Gianni Infantino kepada Presiden Jokowi.

"Juga saya membawa surat dari Presiden FIFA yang langsung saya berikan kepada bapak presiden, dan tentunya setelah membaca surat tersebut, bapak presiden menginstruksikan saya dua hal," kata Erick dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (31/3/2023).

Pertama, Presiden Jokowi menginstruksikan Erick untuk segera membuat peta biru transformasi sepak bola Indonesia.

"Nah, bapak presiden menekankan ini harus segera selesai dan harus segara disampaikan kepada FIFA," kata Erick.

Kedua, Presiden Jokowi kembali memerintahkan Ketum PSSI untuk segera melobi FIFA dalam kaitannya terhadap masa depan sepak bola Indonesia di kancah internasional.

"Bapak presiden juga meginstruksikan langsung kepada saya untuk segera kembali membuka pembicaraan bersama FIFA untuk kita tetap menjadi bagian keluarga besar FIFA," katanya.

Erick mengatakan, instruksi Presiden Jokowi yang kedua itu bisa diartikan bahwa kepala negara tak ingin sepak bola Indonesia dikucilkan dari dunia internasional.

"Karena itu, saya tentu akan berusaha keras memastikan transformasi sepak bola Indonesia ini terjadi, bukan wacana, tapi benar-benar terjadi," pungkasnya.

Rekomendasi