ASDP Tambah Kapasitas Parkir Hingga 1.000 Kendaraan di Pelabuhan Merak

| 14 Apr 2023 18:40
ASDP Tambah Kapasitas Parkir Hingga 1.000 Kendaraan di Pelabuhan Merak
Ilustrasi antrean Pelabuhan Merak (Antara)

ERA.id - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menambah kapasitas tempat parkir untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan yang hendak masuk ke dalam kapal di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. Kini mencapai mampu menampung 1.000 kendaraan roda empat.

"Penambahan kapasitas tempat parkir kendaraan untuk mengurangi kepadatan di Pelabuhan Merak, agar kegiatan angkutan Lebaran 2023 dapat berjalan dengan lancar, aman, dan nyaman," ujar Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin, Jumat (14/4/2023).

Shelvy mengatakan pada angkutan Lebaran 2022, Pelabuhan Merak hanya mampu menampung 4.526 kendaraan kecil. Namun, pada Lebaran 2023 ini telah ditambah kapasitasnya menjadi 5.526 kendaraan kecil. 

"Penambahan lahan parkir ini dilakukan melalui pembelian lahan baru, demolisi Kantor Cabang Merak, alih fungsi lahan dropzone penumpang regular menjadi area parkir, relokasi lahan Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP), dan relokasi workshop ASDP untuk akses masuk," katanya.

Selain itu, Shelvy menuturkan, pihaknya juga telah melakukan peningkatan infrastruktur dan fasilitas lainnya di Pelabuhan Merak ,seperti menyelesaikan pengaspalan lahan untuk perluasan akses masuk ke pelabuhan dan fabrikasi garbarata untuk layanan di terminal eksekutif ke-2.

"Kemudian, pembangunan akses jembatan penghubung Terminal Eksekutif ke Dermaga 1, penataan selasar dari Terminal Terpadu Merak (TTM) menuju Terminal Reguler, serta renovasi ruang tunggu dan koridor pejalan kaki Dermaga 1 juga telah direalisasikan pada 11 April 2023," katanya.

Shelvy menjelaskan, salah satu antisipasi terjadinya antrean pada angkutan Lebaran 2023, Pemerintah juga memusatkan pelayanan untuk seluruh kendaraan roda dua dan truk golongan VI B dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan terhitung sejak 15-21 April 2023. 

"Presiden Jokowi juga mengapresiasi peningkatan kapasitas layanan melalui penambahan pengoperasian pelabuhan yaitu di Pelabuhan BBJ dan Pelabuhan Ciwandan," jelasnya.

Shelvy menambahkan, pengendara roda dua dapat menyeberang dengan menempuh rute Ciwandan-Bakauheni pada 15-21 April 2023 ditambah rute Ciwandan-Panjang untuk 19-21 April 2023. Adapun untuk kendaraan truk golongan VB, pelayanan penyeberangan dari Pelabuhan Merak akan dilayani hanya pada 15-17 April 2023. 

"Sehingga, untuk yang ingin menyeberang dari 18-21 April akan dialihkan menuju Pelabuhan Ciwandan. Sementara itu, bagi truk golongan VII sampai dengan golongan IX akan dilayani melalui Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) sejak 15-21 April 2023," ungkapnya.

"Jumlah kapal yang beroperasi di pelabuhan perbantuan antara lain Pelabuhan Ciwandan sebanyak 11 Kapal RoRo, 2 Kapal ALP, dan 1 Kapal Pelni sedangkan pada Pelabuhan BBJ sebanyak 5 unit kapal," imbuhnya.

Shelvy menambahkan, pengguna jasa penyeberangan kapal ferry khususnya di lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk diwajibkan membeli tiket Lebaran mulai dari sekarang, karena tiket sudah dapat dipesan melalui aplikasi dan web Ferizy sejak H-60 sebelum keberangkatan.

"Kami ingatkan kembali pembelian tiket melalui aplikasi resmi Ferizy selambat-lambatnya H-1 sebelum tanggal keberangkatan, karena sudah tidak ada lagi penjualan tiket di area pelabuhan," jelasnya.

Rekomendasi