Momen Ganjar Cerita tentang Peci yang Diberi Megawati

| 22 Apr 2023 22:02
Momen Ganjar Cerita tentang Peci yang Diberi Megawati
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Jokowi, Megawati Soekarnoputri, Prananda Prabowo, dan Puan Maharani di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023). (Dok. PDI Perjuangan)

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo baru saja diusung PDI Perjuangan sebagai calon presiden 2024. Saat penetapan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan peci pada Ganjar, Jumat (21/4/2023) kemarin.

Saat ditanya makna pemberian ini, Ganjar memberikan penjelasannya. "Bawa amanah rakyat. Beliau (Megawati) sampaikan ini adalah simbol dari Indonesia. Orang kita sering mengartikan juga ada religiusnya. Ada juga songkok ini sebagai ciri orang Indonesia, sehingga kekulturannya ada. Makanya kita punya kepribadian dalam kebudayaan kita. Sarungnya punya kita, peci ada juga. Agar kita tidak lupa pada akar budaya," kata Ganjar di Wedangan Padmo, Solo, Sabtu (22/4/2023).

Ganjar pun langsung mengenakan peci ini pada ibadah salat Id bersama Presiden Joko Widodo di Masjid Raya Sheikh Zayed. ”Nggih (iya dipakai). Ijik anyar e. Nek turu ya dicopot (masih baru juga lhoo. Tapi kalau tidur ya dilepas),” katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno putri menyematkan peci hitam ke Ganjar Pranowo yang telah resmi ditunjuk sebagai capres pilihan PDIP di Batutulis, Bogor, Jumat (21/4/2023).

Ia memberikan peci tersebut sebagai bentuk budaya dari Indonesia. Apalagi Bung Karno juga pernah menyatakan bahwa peci adalah identitas dari nasionalisme dan religius.

Rekomendasi