Belum Punya Kawan Koalisi, PDIP: Kerja Sama dengan Kami itu Enak

| 25 Apr 2023 08:00
Belum Punya Kawan Koalisi, PDIP: Kerja Sama dengan Kami itu Enak
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (Gabriella Thesa)

ERA.id - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, sejumlah partai politik berminat menjalin kerja sama politik dengan partainya pasca mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Namun dia masih merahasian partai mana yang dimaksud.

Meski begitu, PDIP masih belum memutuskan akan bekerja sama dengan partai politik apa. Sebab, ada sejumlah hal yang harus dipertimbangkan.

"Ya ada (partai politik yang berminat kerja sama dengan PDIP), cuma kita enggak bisa menyebutkan. Tadi kan ada pertimbangan-pertimbangan aspek ideologis, aspek historis, kesamaan platform dan juga bertanggung jawa bagi masa depan," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (24/4/2023).

Hasto menjamin, siapapun nantinya partai politik yang akan bekerja sama dengan PDIP akan merasa nyaman. Sebab partainya memberikan kebebasan kepada partai politik lain untuk berkomunikasi maupun ikut mendeklarasikan Ganjar sebagai capres.

"Bekerja sama dengan PDI Perjuangan itu enak. Kami memberi ruang bagi partai lain untuk melakukan komunikasi politik, kemudian deklarasi," ucapnya.

Dia lantas mencontohkan Partai Hanura yang menyatakan mendukung Ganjar sebagai capres di Pilpres 2024. Menurutnya, PDIP akan berkomunikasi dengan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang alias Oso.

"Contohnya Partai Hanura memberikan suatu dukungan. Setelah memberikan dukungan, kami juga komunikasi dengan pimpinan Hanura," kata Hasto.

Diketahui, satu hari setelah PDIP mengumumkan mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024, Partai Hanura langsung tancap gas menyatakan dukungan untuk gubernur Jawa Tengah itu.

"Tadi malam begitu setelah Ibu Mega mengumumkan di depan Presiden RI, saya yakin itulah pilihan Pak Jokowi yang saya tunggu tunggu. Dan saya ikut serta mendukung Ganjar Pranowo menjadi Presiden Republik Indonesia yang akan datang," kata Oso di Jakarta, Jumat (22/4).

Mantan Ketua DPD RI itu menilai, Ganjar Pranowo merupakan sosok yang bisa berpihak kepada daerah. Sebab, menurutnya Indonesia akan maju apabila daerahnya maju.

“Itu sebabnya kita memerlukan sosok figur yang betul-betul berpihak kepada daerah yang berpihak kepada rakyat, dari daerah untuk indonesia,” kata Oso.

Rekomendasi