Cawapres Ganjar Pranowo Ditentukan Parpol, Pembahasan Setelah Koalisi Terbentuk

| 27 Apr 2023 17:45
Cawapres Ganjar Pranowo Ditentukan Parpol, Pembahasan Setelah Koalisi Terbentuk
Hasto Kristiyanto (Dok. PDIP)

ERA.id - Bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang akan mendampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan ditentukan oleh partai politik.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, hal itu sesuai dengan amanat konstitusi yaitu pasangan calon presiden dan wakil presiden ditentukan oleh partai politik atau gabungan partai politik.

"Calon presiden dan calon wakil presiden diusung oleh partai politik atau gabungan papol. Ini adalah amanat konstitusi yang kita pegang dengan teguh dan penuh kedisiplinan," tegas Hasto di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/4/2023).

Namun, keputusan siapa cawapres Ganjar akan dilakukan setelah kerja sama politik PDIP dengan partai politik lain terbentuk.

"Sekali lagi, pengaitan tentang pengerucutan siapa yang nanti akan mendampingi bapak Ganjar Pranowo nanti ada beberapa tahap setelah kerja sama portai politik difinalkan," kata Hasto.

Diketahui, pasca PDIP mengumumkan mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024, tercatat dua partai politik ikut mendukung yaitu Partai Hanura dan PPP.

PDIP sudah melakukan komunikasi dengan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (Oso). Selanjutnya akan berkomunikasi dengan PPP.

Rekomendasi