Jika Benar Jadi Cawapres, Ridwan Kamil Bisa Dongkrak Elektabilitas Ganjar Pranowo di Jawa Barat

| 28 Apr 2023 08:24
Jika Benar Jadi Cawapres, Ridwan Kamil Bisa Dongkrak Elektabilitas Ganjar Pranowo di Jawa Barat
Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil. (Antara)

ERA.id - Ridwan Kamil masuk dalam daftar Cawapres yang diungkapkan Presiden Joko Widodo 'Jokowi' untuk mendampingi Ganjar Pranowo.

Pengamat Politik Unpad, Firman Manan menjelaskan, pernyataan Jokowi terkait nama-nama Cawapres yang berpotensi mendampingi Ganjar Pranowo termasuk Ridwan Kamil tentunya menjadi sinyal bagi para politisi. Mengingat, Jokowi saat ini menjadi semacam rujukan.

"Jokowi ini masih menjadi kunci sehingga ketika Kang Emil disebut menjadi salah satu kandidat (Cawapres), tentu itu menjadi salah satu pertimbangan," jelasnya melalui sambungan telepon, Kamis (27/4/2023).

Firman menyebut apabila Ridwan Kamil benar-benar mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, elektabilitas Ganjar Pranowo di Jawa Barat akan terdongkrak.

Sebab, elektabilitas Ganjar Pranowo di Jawa Barat masih di bawah Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

"Selain demand, ada faktor ticket balancing dalam menentukan Cawapres Cawapres itu memiliki posisi untuk menambal kekurangan atau kelemahan atau kekurangan dari Capres," tuturnya.

Dengan begitu, PDIP bisa meminang Emil sebagai Cawapres untuk meraih suara di Jawa Barat. Apalagi, Jawa Barat menjadi lumbung suara pada Pemilu, sekitar 17,5 persen.

"Jadi salah satunya mempertimbangkan figur seperti Kang Emil. Apalagi di beberapa survei Kang Emil nomor satu sebagai Cawapres disusul Erick Thohir, Sandiaga Uno. Sehingga, Kang Emil menjadi kandidat yang potensial," tuturnya.

Diwartakan sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil tidak ingin memberikan komentar terlalu jauh terkait kabarnya dirinya masuk radar Cawapres untuk Ganjar Pranowo versi Presiden Joko Widodo.

Ia menyerahkan urusan politik di level nasional kepada Partai Golkar. Mengingat, saat ini Ridwan Kamil merupakan kader partai berlambang pohon beringin dan Capres dari Partai Golkar yakni Airlangga Hartarto.

"Saya sudah sampaikan kalau urusan nasional saya sudah jadi anggota parpol Golkar. Saya menghormati, sudah diputuskan Partai Golkar yaitu Pak Airlangga (Capres)," kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (26/4/2023).

Rekomendasi