Once Mekel, Denny Cagur hingga Ronny Talapessy Ikut Daftar Jadi Caleg PDIP

| 11 May 2023 13:25
Once Mekel, Denny Cagur hingga Ronny Talapessy Ikut Daftar Jadi Caleg PDIP
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Gabriela Thesa Widiari/Era.id)

ERA.id - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, sejumlah nama dari kalangan artis ikut didaftarkan sebagai bakal calon anggota legislatif (bacaleg) dari partainya di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Beberapa nama artis seperti penyanyi Kris Dayanti, Harvey Malaiholo, Nico Siahaan, hingga Rano Karno dipastikan kembali maju sebagai bacaleg. Sementara nama baru yang bergabung diantaranya mantan vokalis Band Dewa Once Mekel hingga pelawak Denny Cagur.

""Dari kalangan budayawan, seniman, dan artis, selain incumbent seperti Rano Karno, Rieke Diah Pitaloka, Krisdayanti, Harvey Malaihollo, Nico Siahaan, juga bergabung Once Mekel, Marcell Siahaan, Taufik Hidayat Udjo, Denny Cagur, Tamara Geraldine, Sari Koeswoyo mengingat Koes Plus spirit nasionalisme luar biasa, Lita Zen, Andre Hehanussa, Lucky Perdana, dan Roni Sianturi," kata Hasto di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023).

"Jadi ada sekitar 14 dari kalangan budayawan, seniman, dan artis yang memang terbukti memiliki kompetensi sangat kuat," sambungnya.

Lebih lanjut, Hasto menyampaikan, jika para kalangan budayawan, seniman dan artis itu terbukti memiliki kompetensi yang kuat untuk dimajukan di Pemilu 2024.

"Krisdayanti misalnya beliau diva tetapi sangat rajin turun ke bawah. Demikian pula sosok seperti Rano Karno si Doel anak Betawi itu juga menggelorakan suatu semangat keberpihakan terhadap wong cilik," ucapnya.

Selain itu, nama mantan pengacara Richard Eliezer yaitu Ronny Talapessy juga ikut mendaftar sebagai bacaleg di Pemilu 2024.

"Kemudian juga pakar hulum, laywer juga cukup banyak. Salah satunya Pak Johan Budi, itu sudah incumbent. Yang bergabung baru misalnya seperti Ronny Talapessy," kata Hasto.

Total ada 580 bacaleg yang didaftarkan PDIP untuk mengikuti Pemilu 2024. Rinciannya, 128 orang merupakan petahana, 73 orang dari kalangan akademisi, 17 orang dari kalangan purnawirawan TNI-Polri, dan 14 orang dari kalangan artis dan seniman.

Selain itu, 48 persen dari 580 bacaleg yang didaftarkan merupakan anak muda yang usianya di bawah 45 tahun.

"Mengingat partai juga melalukan kaderisasi secara sistematis, dari kalangan muda di bawah usia 45 tahun ada sekitar 48 persen. Jadi, di bawah usia 45 tahun ada 48 persen sebagai komitmen bagi PDIP," pungkasnya.

Rekomendasi