Belum Sepakat Usung Ganjar di Pilpres 2024, PAN Rencanakan Kembali Pertemuan dengan PDIP

| 03 Jun 2023 09:27
Belum Sepakat Usung Ganjar di Pilpres 2024, PAN Rencanakan Kembali Pertemuan dengan PDIP
Megawati dan Zulkifli Hasan (Dok. Istimewa)

ERA.id - DPP PDI Perjuangan menggelar pertemuan dengan DPP Partai Amanat Nasional (PAN) untuk membahas kerja sama politik di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Pertemuan itu berlangsung di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (2/6/2023) sore.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri hadir langsung untuk menemui Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas. Hadir pula bakal calon presiden (bacapres) dari PDIP Ganjar Pranowo dalam pertemuan itu.

Namun, kedatangan PAN ke markas partai berlambang kepala banteng itu belum menghasilkan kesepakatan untuk mengusung Ganjar sebagai bacapres di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Zulhas mengatakan, akan membahas hasil pertemuan ini di internal partainya dan menjadwalkan pertemuan lanjutan dengan PDIP.

"Ini baru pertama kali resmi ketemu seperti ini. Oleh karena itu banyak hal yang kami diskusikan, saling pengertian, saling memahami satu dan yang lain karena baru pertama kali. Tentu kita akan diskusikan di PAN," kata Zulhas.

"Kita harapkan ada pertemuan-pertemuan lanjutan (dengan PDIP), setelah dari DPP PAN melakukan diskusi-diskusi apa yang kami bahas tadi," imbuhnya.

Senada, Megawati menyatakan memberikan kebebasan kepada PAN untuk mendiskusikan hasil pertemuan ini dengan internal partainya. Di samping itu, dia mengutus Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani untuk melakukan kunjungan balasan ke DPP PAN.

Presiden kelima RI itu mengatakan, partainya telah membentuk dua tim untuk memenangkan Pilpres 2024. Tim pertama dipimpin oleh Puan dan bertugas menjalin komunikasi antar partai politik, sedangkan tim kedua diketuai oleh Ahamad Basarah untuk mengkoordinir relawan.

"Tentunya karena ini pertemuan pertama, tadi telah saya katakan, silahkan dari pihak PAN setelah pertemuan pertama akan mendiskusikan internal, sehingga dengan demikian sata katakan silahkan. Mbak Puan dan tim yang saya katakan, nanti bersilaturahmi ke kantor DPP PAN," kata Megawati.

Sebagai informasi, santer terdengar akan ada diklarasi dukungan dari PAN untuk Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Kabar tersebut kian menguat setelah muncul agenda pertemuan PAN dan PDIP.

Bahkan sebelumnya, Ganjar membocorkan akan ada dua partai politik yang bakal mendukung dirinya di Pilpres 2024.

"Soal partai yang mengusung partainya yang mana, kita tunggu dalam dua hari ini akan mendapatkan beritanya," kata Ganjar di Rumah Aspirasi Relawan Pememangan, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (1/6).

Adapun saat ini Ganjar masih diusung oleh PDIP, PPP, dan Hanura.

Rekomendasi