Hasil Tes Kerohanian Sejumlah Bacaleg Dinyatakan Psikopat, KPU Serang: Kebanyakan Begadang

| 06 Jun 2023 10:00
Hasil Tes Kerohanian Sejumlah  Bacaleg Dinyatakan Psikopat, KPU Serang: Kebanyakan Begadang
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang, Banten menemukan beberapa bakal calon legislatif (Bacaleg) di wilayah itu dinyatakan psikopat. Hal tersebut yang ditemukan kepada pendatang baru atau new comer dan pertahana itu selama proses verifikasi administrasi.

"Ada temuan beberapa bacaleg kita hasil tes kerohaniannya disebutkan psikopat ringan dan berat. Itu harus diulang, itu enggak bisa," ujar Ketua Divisi Teknis KPU Kota Serang, Fierly Murdlyat Mabrurri, Selasa (6/6/2023).

Fierly menyebutkan, penemuan bacaleg yang dinyatakan psikopat tersebut kemungkinan besar terjadi pada petahana. Faktor tersebut, lanjutnya, kemungkinan banyak dipengaruhi oleh pola tidur yang tidak teratur.

"Kemungkinan dia kurang tidur kebanyakan begadang kemudian test muncul hasilnya itu tadi. Kondisi psikopat ringan dan berat, bahkan ada ditemukan di caleg petahana juga ada," katanya.

Fierly menuturkan, pihaknya akan segera memanggil yang bersangkutan berserta stakeholder terkait agar dilakukan tes kesehatan ulang. Dimana, tes ulang tersebut akan dilakukan pekan depan.

"Minggu depan akan kita hadirkan kepolisian, pengadilan, dan rumah sakit. Harus diulang tes kesehatan rohaninya. Sampai dia benar-benar sehat," jelasnya.

Fierly menambahkan, pihaknya meminta tes kesehatan rohani diulang lantaran bacaleg yang dinyatakan psikopat ringan dan berat lebih dari 10 orang. Selain itu, jika tetap diteruskan tanpa dilakukan tes kesehatan rohani ulang akan mempengaruhi pencalonan bacaleg lainnya.

"Jelas mempengaruhi. Karena kalau dia lolos bisa mempengaruhi bacaleg lainnya yang dalam keadaan sehat rohani. Kalau ini kan ada catatan lebih dari 10 harus diulang tes kesehatan kerohaniannya. Harus diulang," jelasnya.

Rekomendasi