PDIP Sebut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Masuk Bursa Cawapres Ganjar

| 07 Jun 2023 14:26
PDIP Sebut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Masuk Bursa Cawapres Ganjar
Menteri Basuki Hadimuldjono. (Antara)

ERA.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono disebut masuk dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sekretari Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan nama Basuki ikut dipertimbangkan bersamaan dengan nama-nama lain yang sudah disebut Ketua DPP PDIP Puan Maharani seperti Menko Polhukam Mahfud MD hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

"Nama-nama yang disampaikan mbak Puan kemarin betul. Bahkan, muncul juga nama Pak Basuki Menteri PUPR," kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (7/6/2023).

Menurutnya, usulan nama Basuki itu muncul dari kader-kader PDIP di daerah. Alasannya karena Basuki dinilai mampu membangun infrastruktur sehingga sejumlah daerah menhalami kemajuan.

"Aceh mengalami kemajuan, Papua mengalami kemajuan, Sumatera, Palembang mengalami kemajuan karena pembangunan infrastruktur. Kemudian NTT mengalami kemajuan," tegasnya.

Meski begitu, Hasto bilang nama itu akan ditelaah lebih lanjut oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Apalagi, Rakernas III memang bertujuan untuk menjaring aspirasi di internal.

Selanjutnya, ketua umum partai lain yang mendukung Ganjar di Pilpres 2024 akan diajak berbincang soal cawapres. Hal ini juga pernah terjadi di Pilpres 2019 lalu saat partai pendukung Presiden Jokowi memutuskan menggandeng mantan Rais Aam PBNU Ma'ruf Amin.

"Tugas partai menangkap seluruh aspirasi itu dan kemudian kita melihat mekanisme berjenjang ke atas sehingga akhirnya kepada ibu ketua umum yang oleh kongres partai memang punya kewenangan untuk menetapkan itu demi kepemtingan rakyat bangsa dan negara," ungkapnya.

"Sehingga, tenang saja pada momentum yang tepat, itu akan diumumkan tetapi, ya, tidak akan diumumkan di rakernas ini," sambung Hasto.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani membeberkan 10 kandidat calon wakil presiden (cawapres) untuk menjadi pendamping Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Pencawapresan, nama kan banyak, ada 10," kata Puan di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selaran, Selasa (6/6).

Sejumlah nama yang masuk dalam radar cawapres unuk Ganjar antara lain Menko Polhukam Mahfud M, Menko Perejonomian Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohirmh, Meenparekraf Sandiaga Uno, hingga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurtiyudhyono (AHY).

"Kalau boleh saya sebut yang ada di media, ada Pak Mahfud sudah masu namanya. Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, kemudian ada Pak AHY sudah masuk kan?Pak Airlangga juga," paparnya. 

Rekomendasi