PDIP Sebut Pembahasan Cawapres Ganjar Setelah Kerja Sama Parpol Resmi Terbentuk

| 07 Jun 2023 20:37
PDIP Sebut Pembahasan Cawapres Ganjar Setelah Kerja Sama Parpol Resmi Terbentuk
Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah. (Antara)

ERA.id - Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengatakan, pembahasan mengenai calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo dilakukan setelah kerja sama partai politik pendukung resmi terbentuk. Sebab tidak bisa dilakukan sendirian.

Hal itu sesuai dengan pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat menerima kunjungan DPP PPP pada 30 April 2023.

"Beliau kan mengatakan bahwa mengenai bakal calon wakil presiden Pak Ganjar tentu akan dibicarakan bersama-sama dengan ketua umum ketua umum partai politik peserta kerja sama politik pendukung Pak Ganjar," kata Basarah di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (7/6/2023).

Namun, sejak Ganjar ditetapkan sebagai calon presiden (capres) pada 21 April 2023, komunikasi dan penjajakan kerja sama dengan partai politik lain masih berproses.

Hingga saat ini, tercatat baru PPP dan Partai Hanura yang menyatakan dukungannya untuk Ganjar di Pilpres 2024. Kabarnya, dalam waktu dekat bakal ada partai lain yang bergabung.

"Barulah setelah partai-partai kerja sama politik ini definitif, ibu Mega akan membuka pembicaraan dengan ketua umum ketua umum partai politik tersebut," kata Basarah.

Selain itu, Megawati juga akan mendiskusikannya dengan Presiden Joko Widodo dengan kapasitasnya sebagai kader PDIP, serta Ganjar Pranowo yang diusung sebagai capres.

Oleh karena itu, nama-nama kandidat cawapres seperti Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir, Menparekraf Sandiaga Uno, hingga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono maupun Menteri PUPR Basuki Hadilmujono masih sangat cair.

"Sekali lagi, nama-nama itu masih sangat cair dan akan dipikirkan, direnungkan lebih jauh oleh ibu Megawati Soekarnoputri dan nanti akan dibahas bersama ketua umum ketua umum partai politik lain, Pak Jokowi, dan mas Ganjar Pranowo," ucap Wakil Ketua MPR RI itu.

Terpisah, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Krsitiyanto mengatakan, partainya membentuk tim khusus untuk menggodok nama-nama cawapres pendamping Ganjar. Tim tersebut dipimpin langsung oleh Megawati.

Selain itu, Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo dan Puan Maharani juga ditugaskan untuk ikut mencari pendamping Ganjar di Pilpres 2024.

"Terkait cawapres, ada tim khusus yang dipimpin langsung oleh ibu ketua umum," kata Hasto.

Rekomendasi