Gantian! Koalisi Perubahan Ngaku Nama Puan Sempat Masuk Bursa Cawapres Anies

| 07 Jun 2023 20:00
Gantian! Koalisi Perubahan Ngaku Nama Puan Sempat Masuk Bursa Cawapres Anies
Puan Maharani (Ilham Apriyanto/Era.id)

ERA.id - Anggota Tim Delapan Koalisi Perubahan Dadang Dirgantara mengatakan, nama Ketua DPR RI yang juga elite PDI Perjuangan Puan Maharani sempat masuk dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan.

Hal itu merespons disebutnya nama Ketua Umum Partai Demorat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres Ganjar Pranowo.

"(Nama Puan) sempat (masuk bursa cawapres Anies)," ujar Dadang di Sekretariat Perubahan, Jalan Brawijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (7/6/2023).

Dia menyebut, sebelum pihaknya mengerucutkan satu nama untuk Anies, daftar kandidat pendamping mantan Gubernur DKI Jakarta itu cukup panjang. Termasuk nama Puan.

"Dalam Koalisi Perubahan, daftar nama juga banyak, termasuk yang mengatakan itu ada juga dalam daftar juga," ucapnya.

Sementara anggota Tim Delapan Koalisi Perubahan Sudirman Said mengucapkan terima kasih jika nama AHY masuk dalam bursa cawapres pendamping Ganjar.

Menurutnya, hal itu membuktikan bahwa Anies Baswedan tak salah mendapat dukungan dari Partai Demokrat. Sebab, ketua umumnya termasuk salah satu tokoh potensial menjadi RI 2.

"Soal Pak AHY disebut sebagai cawapres Mas Ganjar, kami berterima kasih. Artinya kita enggak salah pilih, kita pilih teman koalisi bermutu sehingga sebelah pun milirik anggota koalisi kita. Ini juga kita sambut, sinyal berpolitik itu harus dengan senang hati, bukan ketegangan," ucap Sudirman.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani membeberkan 10 kandidat calon wakil presiden (cawapres) untuk menjadi pendamping Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Pencawapresan, nama kan banyak, ada 10," kata Puan di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selaran, Selasa (6/6).

Sejumlah nama yang masuk dalam radar cawapres unuk Ganjar antara lain Menko Polhukam Mahfud M, Menko Perejonomian Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohirmh, Meenparekraf Sandiaga Uno, hingga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhyono (AHY).

"Kalau boleh saya sebut yang ada di media, ada Pak Mahfud sudah masuk namanya. Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, kemudian ada Pak AHY sudah masuk kan? Pak Airlangga juga," paparnya. 

Rekomendasi