PKS Yakin Demokrat Tak Tinggalkan Koalisi Perubahan

| 12 Jun 2023 14:10
PKS Yakin Demokrat Tak Tinggalkan Koalisi Perubahan
Jazuli Juwaini (Gabriella Thesa/ ERA)

ERA.id - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yakin Partai Demokrat tidak bakal keluar dari Koalisi Perubahan. Hal ini merespons rencana pertemuan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Ketua DPP PKS Jazuli Juwaini mengatakan, tidak mudah balik arah apalagi komunikasi antar partai di Koalisi Perubahan melalui Tim Delapan cukup intensif.

"Selama ini Tim Delapan tiga partai itu sudah intensif bertemu. Saya kira tidak mudah untuk balik arah, balik badan dan seterusnya kalau diikuti dari pembicaraan di Tim Depalan. Saya kira tiga partai ini cukup solid," kata Jazuli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/6/2023).

Oleh karena itu, PKS tak masalah dengan rencana pertemuan Puan dan AHY. Sebaliknya, rencana tersebut disambut baik.

"PKS merespons kunjungan Partai Demokrat ke PDIP, Demokrat kemana lagi atau NasDem ke mana, itu sudah hal biasa," kata Jazuli.

Menurutnya, silaturahmi memang harus dilakukan untuk menjaga persatuan bangsa, meskipun berbeda pilihan politik.

"Kan pilihan Pilpres boleh beda, pengusungan boleh beda. Tetapi bukan berarti harus berpecah belah antara elemen bangsa ini, tidak harus bermusuhan, saya kira ini yang harus dicatat," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI Perjuanngan Hasto Kristiyanto bertemu dengan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky pada Minggu (11/6) malam. Pertemuan keduanya digelar di tengah wacana kerja sama PDIP dan Partai Demokrat di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra. Menurutnya, pertemuan digelar di kawasan Blok M sembari santap malam.

Menurutnya, pertemuan tersebut membahas tawaran kerja sama dan rencana pertemuan antara Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

"Ini menindaklanjuti tawaran kerja sama dan ajakan pertemuan mbak Puan-AHY oleh Hasto dan respon Sekjen Demokrat. Membahas rencana pertemuan dan kemungkinan kerja sama ke depan," papar Herzaky.

Terkait kapan pertemuan Puan dan AHY digelar, menurutnya hal tersebut masih dijadwalkan,

"Untuk jadwal pertemuan mbak Puan dan mas AHY, sedang menyesuaikan jadwal keduanya," ucap Herzaky.

Rekomendasi