Akankah Prabowo Mampu Menjaga Koalisi Bareng PKB?

| 20 Jun 2023 12:29
Akankah Prabowo Mampu Menjaga Koalisi Bareng PKB?
Prabowo Subianto dan Erick Thohir.

ERA.id - Juru Bicara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Yusuf Chudlori meyakini Partai Gerindra masih komitmen terkait koalisi partai politik pada Pemilu 2024.

"Kami masih berpikiran positif bahwa Gerindra akan komitmen, Pak Prabowo juga sebagai tokoh, beliau pasti akan menjaga kewibawaannya untuk menghargai teman koalisi, yang pertama kali membangun koalisi," katanya di Kantor DPP PKB, Jakarta, Senin kemarin.

Hal itu disampaikan Gus Yusuf ketika ditanyakan apakah PKB memiliki alternatif, jika Prabowo Subianto tidak memilih Muhaimin sebagai calon wakil presiden.

Toh, santer beredar isu kalau Prabowo berpeluang berpasangan dengan Erick Thohir dan tokoh lain di luar dari PKB demi mendapat restu dari Jokowi.

"Komunikasi dengan Gerindra tetap jalan, kami saling percaya saja sampai hari H dan ini tidak akan lama lagi," katanya.

PKB dan Gerindra telah membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR). Koalisi itu telah memastikan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto diusung sebagai bakal calon presiden pada Pemilu 2024.

Gus Yusuf menegaskan DPP PKB belum memiliki alternatif siapa cawapres yang diusung KIR. Karena, DPP masih tetap komitmen dengan muktamar di Bali, yang menetapkan Gus Muhaimin harus maju sebagai calon presiden atau wakil presiden.

"Kami percaya kepada Gerindra akan terus menjaga dukungan dan komitmen kebersamaan ini sampai pemilu 2024," ujarnya.

Bahkan kata dia, DPP telah melarang Gus Muhaimin untuk mengeluarkan pernyataan terkait pemilihan presiden (Pilpres) tahun 2024.

Rekomendasi