Ini Tafsir Demokrat soal Mimpi SBY Plesir Bareng Megawati dan Jokowi

| 20 Jun 2023 13:28
Ini Tafsir Demokrat soal Mimpi SBY Plesir Bareng Megawati dan Jokowi
SBY (Antara)

ERA.id - Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan buka suara soal mimpi Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertemu dengan Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo.

Menurutnya, mimpi SBY itu menyiratkan pesan moral kepada publik untuk masa depan yang lebih baik.

"Apa yang dimaksudkan beliau itu adalah, ini tanggapan saya ya, kerinduan yang besar untuk menyampaikan pesan moral kepada publik, masyarakat Indonesia yang dicintainya agar makin baik ke depan," kata Hinca di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/6/2023).

Menurutnya, SBY juga menyelipkan pesan agar para mantan pemimpin negara ikhlas menyerahkan kunci kekuasaan kepada presiden selanjutnya.

Dia bilang, hal yang sama juga pernah dilakukan SBY saat menyerahkan kursi pimpinan negara kepada Jokowi.

"Dari situ saya membaca semangat apa yang disampaikan beliau itu bagus sekali, jikalau tiga presiden nantinya atau sekarang masih ada dua, yang masih bersama-sama kita Ibu Mega dan Pak SBY, presiden kelima RI dan keenam. Kan nantinya Pak Jokowi juga akan jadi presiden ketujuh," kata Hinca.

"Indah sekali, tiga negarawan kita yang pada waktunya menyampaikan kepada publik, kami pernah menjadi presiden, sekarang menjadi rakyat, dan jika itu terjadi indah sekali, dan saya kira, substansinya itu yang harus diambil," imbuhnya.

Dia berharap, apa yang menjadi mimpi SBY bisa menjadi kenyataan kedepannya.

"Kata mimpi di situ bisa jadi harapan. Dan kalau saya ditanya, itu bagi saya harapan. Karena setiap waktu kami bercerita, selalu tentang itu, bagaimana menjadi rakyat seperti setelah tidak berkuasa," ucap Hinca.

Sebelumnya, Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan isi mimpinya bersama dengan Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo, hingga presiden kedelapan RI mendatang.

Mimpi itu disampaikan SBY melalui akun Twitternya, @SBYudhoyono. Cuitan itu ditulis pasca pertemuan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Ketua DPP PDI Perjuagan Puan Maharani.

Dalam mimpinya, SBY bersama Megawati dan Jokowi bepergian menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur menggunakan kereta api. Mereka juga menyempatkan ngopi bareng Presiden kedelapan RI.

Rekomendasi