Kemenag Akan Bekukan Pesantren Al Zaytun Indramayu Jika Terbukti Menyebarkan Ajaran Sesat

| 23 Jun 2023 13:01
Kemenag Akan Bekukan Pesantren Al Zaytun Indramayu Jika Terbukti Menyebarkan Ajaran Sesat
Kantor pusat Kementerian Agama Jakarta. (Antara)

ERA.id - Kementerian Agama Republik Indonesia akan mencabut izin Pondok Pesantren Al-Zaytun bila terbukti melanggar dan menyebarkan ajaran sesat kepada para santrinya. 

“Jika Az-Zaytun melakukan pelanggaran berat, menyebarkan paham keagamaan yang diduga sesat, maka kami bisa membekukan nomor statistik dan tanda daftar pesantren, termasuk izin madrasahnya,” tegasJuru Bicara Kementerian Agama Anna Hasbie di Jakarta, Jumat (23/6/2023).

Ia menjelaskan bahwa Kementerian Agama merupakan regulator dalam penyelenggaraan pendidikan keagamaan, termasuk pesantren.

Praktik yang selama ini berkembang, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam diberi kewenangan untuk menerbitkan nomor statistik dan tanda daftar pesantren. Hal itu diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No 1626 tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis Pendaftaran Keberadaan Pesantren. 

Pesantren Al Zaytun saat ini tercatat memiliki keduanya, baik nomor statistik maupun tanda daftar. Sebagai pihak yang menerbitkan, Ditjen Pendidikan Islam juga memiliki kewenangan untuk membekukan nomor statistik dan tanda daftar pesantren. 

"Sebagai regulator, Kemenag memiliki kuasa administratif untuk membatasi ruang gerak lembaga yang di dalamnya diduga melakukan pelanggaran hukum berat,” tegas Anna Hasbie.

Anna menambahkan, berkenaan dengan dinamika yang berkembang seputar Pesantren Al Zaytun, pihaknya beserta instansi terkait dan juga ormas Islam sedang melakukan kajian secara  komprehensif. Tujuannya, agar dapat dirumuskan sikap atas beragam informasi dan fakta yang ditemukan dan terklarifikasi terkait Al Zaytun.

Tags :
Rekomendasi