Hari Ini, Warga Muhammadiyah Gelar Shalat Idul Adha 1444 Hijriah

| 28 Jun 2023 08:37
Hari Ini, Warga Muhammadiyah Gelar Shalat Idul Adha 1444 Hijriah
Warga Muhammadiyah melaksakan shalat Idul Adha di Masjid PP Muhammadiyah Jakarta. (Antara)

ERA.id - Warga Muhammadiyah menggelar shalat Idul Adha 1444 Hijriah pada Rabu pagi (28/6/2023). Salah satunya, kegiatan shalat Idul Adha dilaksanakan di Gedung Pengurus Pusat Muhammadiyah Jakarta. 

Para jemaah yang melaksanakan shalat di lokasi itu membeludak hingga ke bagian Jalan Raya Menteng.

Hadir di lokasi itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy ,Duta Besar Republik Indonesia untuk Beirut Hajriyanto Y. Thohari juga melaksanakan shalat Idul Fitri di Gedung PP Muhammadiyah Jakarta Pusat menurut Ketua Panitia Shalat Idul Adha Gedung PP Muhammadiyah Zainal Abidin.

Sekretaris Majelis Tarjih PP Muhammadiyah, KH Endang Mintarja menjadi imam dan khatib dalam pelaksanaan shalat Idul Adha di Gedung PP Muhammadiyah.

Zainal menyampaikan bahwa pengurus PP Muhammadiyah sudah mendapat izin dari otoritas keamanan setempat untuk menggunakan sebagian jalur jalan dari arah Gondangdia untuk pelaksanaan shalat Id.

Satu jalur jalan dari arah Stasiun Gondangdia ditutup mulai pukul 06.00 WIB dan selama pelaksanaan shalat Id kendaraan yang hendak menuju arah Monumen Nasional dialihkan ke jalan yang lain.

​​​Zainal sebelumnya menyampaikan bahwa PP Muhammadiyah telah mengirimkan 19 sapi kurban ke pimpinan cabang dan pondok pesantren Muhammadiyah di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha.

Warga Muhammadiyah melaksanakan shalat Idul Adha 1444 Hijriah lebih awal dari ketetapan pemerintah. Pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023.

Penetapan Hari Raya Idul Adha maupun Idul Fitri kadang kala berbeda, tetapi warga Muslim umumnya tidak mempermasalahkan perbedaan tersebut. (Ant)

Rekomendasi