Momen Sapi Kurban Ngamuk Seruduk Warga Saat Hendak Disembelih di Tangerang

| 29 Jun 2023 13:45
Momen Sapi Kurban Ngamuk Seruduk Warga Saat Hendak Disembelih di Tangerang
Tangkapan layar saat sapi hendak disembelih kabur mengamuk di Perumahan Emerald Residence Sepatan, Desa Kosambi, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, Banten. (Muhammad Iqbal/ERA)

ERA.id - Seekor sapi yang hendak dikurbankan dalam momen perayaan Idul Adha 1444 H lepas dan mengamuk di Perumahan Emerald Residence Sepatan, Desa Kosambi, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (29/6/2023) pagi.

Kerumunan warga yang berada di lokasi tempat penyembelihan hewan kurban pada masjid wilayah setempat tersebut pun tunggang langgang menyelamatkan diri.

Dalam video yang diterima ERA.id, tampak sapi kurban berwarna perpaduan coklat dan abu-abu masuk kedalam kawasan perumahan warga hingga ke rumah kosong yang sedang di bangun.

Tidak berhenti sampai situ, sapi tersebut kemudian kembali mengamuk dengan berlari menyeruduk ke arah depan seorang panitia yang mencoba menangkap tali terikat di hewan itu.

"Itu sapinya kabur nak awas nyeruduk awas," ucap seorang wanita dalam video tersebut.

Ketua DKM Darussalam pada perumahan itu, Teguh Prasetiyo mengatakan, seorang panitia sempat diseruduk namun berhasil menghindari amukan sapi tersebut.

"Jadi awalnya itu pas mau digiring mau disembelih itu ama satu orang langsung kabur dengan tenaga kencang ketarik itu yang megang tali," ucapnya saat ditemui ERA.id.

Sapi itu merupakan sapi yang terakhir yang akan disembelih. Namun, tiba-tiba saja sapi berontak hingga berupaya kabur sambil menyeret satu orang panitia yang tengah memegang tali di lehernya.

Teguh menyebutkan, warga yang sedang menyaksikan peristiwa tersebut di sekitar masjid sempat kabur untuk menghindar dari amukan sapi.

"Enggak cuman di sekitar lokasi penyembelihan, sapi ini sampai masuk ke kawasan perumahan dalam warga sampai masuk rumah yang sedang dibangun itu," katanya.

Teguh menambahkan, butuh puluhan warga untuk menjinakkan hewan tersebut yang lari sampai ke area persawahan hingga akhirnya berhasil diamankan.

"Sapi ini diduga stres dan panik yah karena yang terakhir disembelih, tapi alhamdulillah beruntung bisa dijinakkan walaupun ada beberapa panita yang luka kecil terjatuh saat mengambil sapi itu," jelasnya.

Rekomendasi