DPRD Klaim JIS Layak Gelar Piala Dunia U-17: Sudah Sangat Modern Sekali

| 30 Jun 2023 13:15
DPRD Klaim JIS Layak Gelar Piala Dunia U-17: Sudah Sangat Modern Sekali
Pengunjung memasuki sisi barat kawasan Jakarta International Stadium (JIS) di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (13/3/2022). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna/aa.

ERA.id - Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Muhammad Taufik Zoelkifli, menilai Jakarta Internasional Stadium (JIS) layak untuk menggelar ajang Piala Dunia U-17.

"Memang sudah sangat modern sekali, ada fasilitas sensor sesuai standar FIFA, ada konsultan pembangunan sehingga saya kira sudah siap," kata Zoelkifli saat dihubungi di Jakarta dikutip dari Antara, Jumat (30/6/2023).

Walau demikian, dia mengakui ada beberapa hal yang harus perbaiki seperti akses menuju JIS hingga fasilitas pendukung lainnya.

Menurut pria yang akrab MTZ ini, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jakarta Propertindo (Jakpro) harus memberikan fasilitas yang terbaik karena ajang ini memberi kesempatan Indonesia tampil di mata dunia.

Sepak bola juga dinilai sebagai olahraga yang diminati semua kalangan sehingga dipastikan akan banyak warga yang datang untuk menonton ajang tersebut.

Selain itu, ajang ini juga dinilai sebagai kesempatan bagus untuk memanfaatkan semaksimal mungkin fasilitas milik pemerintah.

Hal tersebut dikatakan MTZ karena dia melihat banyak fasilitas olahraga yang akhirnya terbengkalai karena tidak pernah dipergunakan masyarakat.

"Ada velodrome dan Jakarta Internasional Equestrian yang dahulu sepeninggalan Sea Games dan sampai sekarang tidak dimanfaatkan secara maksimal," kata dia.

Dia berharap, Pemprov DKI Jakarta dan Jakpro bisa memberikan yang terbaik untuk gelaran internasional ini.

Sebelumnya, pada Jumat (23/6), Federasi Sepak  Bola Internasional (Federation Internationale de Football Association/FIFA) resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 yang akan diikuti oleh 24 negara.

Ajang tersebut awalnya akan digelar di Peru pada 2021.

Namun, pandemi COVID-19 membuat Piala Dunia U-17 harus digeser ke 2023 dan kemudian Peru gagal memenuhi kesiapan infrastruktur setelah empat tahun dinyatakan sebagai tuan rumah.

Indonesia sendiri berhak tampil di turnamen tersebut dan menjadi satu-satunya wakil kawasan Asia Tenggara karena berstatus sebagai tuan rumah.

Dari benua Asia total terdapat lima wakil. Selain Indonesia, terdapat nama Iran, Korea Selatan, Jepang, dan Uzbekistan.

Sedangkan dari benua Eropa, terdapat lima wakil juga yakni Spanyol, Inggris, Prancis, Jerman dan Polandia.

Kawasan kuat lainnya, Amerika Selatan, memiliki empat perwakilan, yakni Brazil, Argentina, Kolombia, dan Ekuador.

Sedangkan kawasan Amerika Utara dan Tengah diwakili oleh Amerika Serikat, Meksiko, Kanada dan Panama.

Benua Afrika juga memiliki empat wakil yakni Mali, Burkina Faso, Maroko dan Senegal.

Kemudian wakil-wakil dari Oseania yang melengkapi Piala Dunia U-17 2023 yakni Selandia Baru dan Kaledonia Baru.

Rekomendasi