Hinga 5 Juli, Jemaah Haji Indonesia yang Wafat Capai 410 Orang

| 06 Jul 2023 20:46
Hinga 5 Juli, Jemaah Haji Indonesia yang Wafat Capai 410 Orang
Jemaah haji Indonesia. (Antara)

ERA.id - Kementerian Agama mengimbau jamaah haji yang tengah menunggu jadwal kepulangan ke Tanah Air untuk tetap menjaga kesehatan seperti jangan menunggu haus dan memakai Alat Pelindung Diri (APD) setiap menjalankan aktivitas di luar hotel.

"Selain itu, jamaah agar tetap menjaga asupan makanan dan istirahat yang cukup. Hingga pada waktunya kembali ke Tanah Air jamaah dalam kondisi yang prima dan sehat," kata Juru Bicara PPIH Pusat Akhmad Fauzin di Jakarta, Kamis (6/7/2023).

Fauzin mengatakan pada fase kepulangan, terhitung sejak 04 Juli 2023, jamaah gelombang 1 yang telah tiba di Tanah Air sebanyak 12.604 orang.

Sementara pada Kamis (6/7), menurut dia. peserta haji yang diberangkatkan ke Tanah Air dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, berjumlah 6.820 orang atau 18 kelompok terbang (kloter).

Untuk rencana keberangkatan jamaah dan petugas dari Tanah Suci ke Tanah Air pada Jumat, 7 Juli 2023, berjumlah 6.138 orang atau 16 kelompok terbang (kloter).

"Total jamaah yang wafat hingga tanggal 5 Juli 2023 pukul 24.00 WIB berjumlah 410 orang. Suhu di Mekkah hari ini berkisar antara 30 derajat sampai 41 derajat Celsius," kata dia.

Sebelumnya, Tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Soekarno Hatta akan memeriksa kondisi kesehatan jamaah haji yang baru tiba di Indonesia oleh dokter, sanitarian, hingga epidemolog.

Kepala KKP Kelas 1 Soetta Naning Nugrahini mengatakan langkah pemeriksaan agar jamaah haji dapat pulang ke tempat asalnya dengan kondisi sehat.

"Tapi sebelum itu, tim juga sudah mendapatkan data terkait jemaah yang sehat dan yang sakit dari TKHI (Tenaga Kesehatan Haji Indonesia," ujar Naning. (Ant)

Rekomendasi