Hasto PDIP: Cak Imin Sama dengan Gus Ipul, Seperti Anak Ibu Megawati

| 09 Jul 2023 09:20
Hasto PDIP: Cak Imin Sama dengan Gus Ipul, Seperti Anak Ibu Megawati
Muhaimin Iskandar.

ERA.id - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengaku kalau hubungan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sangat dekat.

"Dengan Pak Muhaimin ini kan hubungannya sangat dekat secara historis, secara ideologis bahkan Pak Muhaimin Iskandar ini sama dengan Gus Ipul sudah seperti anak dari Ibu Megawati karena dulu juga dititipkan oleh Almarhum Gus Dur," kata Hasto di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar Pranowo di Jakarta, Sabtu kemarin.

Makanya Hasto menilai pertemuan antara dua ketua umum partai itu dapat terjadi kapan saja, mengingat Megawati dan Cak Imin punya kedekatan.

Namun, Hasto mengungkapkan Cak Imin dan PKB masih memohon waktu untuk melangsungkan pertemuan tersebut. "Tetapi dari PKB juga mohon waktu terlebih dahulu," kata Hasto menjawab pertanyaan wartawan mengenai kemungkinan pertemuan Megawati dan Cak Imin.

Terlepas dari jadwal pertemuan yang belum ditetapkan, Hasto memastikan komunikasi PDIP dan PKB terjalin intens sampai saat ini sehingga peluang untuk mempertemukan Megawati dan Cak Imin masih terbuka luas.

"Komunikasi (PDIP dan PKB) intens terus menerus dilakukan dengan berbagai latar belakang historis, yang menunjukkan kedekatan hubungan antara Ibu Megawati Soekarnoputri dan Pak Muhaimin Iskandar," ujar Sekjen PDI Perjuangan.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar saat ditanya mengenai kemungkinan pertemuan itu menyebut dirinya siap. "Siap, kita siap, yang muda pokoknya dipanggil yang tua siap saja," kata Cak Imin di Kompleks Parlemen MPR/DPR, Jakarta, Sabtu (8/7) kemarin.

Dia mengaku mendengar adanya informasi rencana pertemuan tersebut. Cak Imin menyebut tahapannya tinggal mencocokkan jadwal dengan Megawati.

Cak Imin juga menyatakan rencana pertemuan itu juga diketahui oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto selaku partai koalisinya. Dia mengatakan Prabowo pun tidak keberatan dengan rencana pertemuannya dengan Megawati.

Gerindra dan PKB saat ini tergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR), yang mengusung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sementara itu, PDI Perjuangan dan PPP saat ini secara resmi mengusung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden untuk maju di Pilpres 2024.

Rekomendasi